NEWS

Hijaukan Kembali Bukit Rebo, Yayasan Bangka Alam Lestari dan Pemprov Babel Tanam 10 Ribu Pohon Pelawan

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Yayasan Bangka Alam Lestari bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghijaukan kembali kawasan hutan perbukitan, dengan melakukan penanaman 10 ribu pohon pelawan.

Penanaman pohon dengan tema “1 Juta Pohon untuk Alam”, berlangsung pada Jum’at (27/01/2018), di Bukit Rebo, Jelitik, Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka, Tarmizi Saat, mengapresiasi kepedulian Yayasan Bangka Alam Lestari (YBAL) terhadap lingkungan karena ikut membantu program penghijauan dari pemerintah daerah. Melalui program tersebut, Pemkab Bangka juga bersinergi dengan Pemprov Babel.

Tarmizi mengajak semua pihak untuk menjaga fungsi hutan yang mulai berkurang akibat ulah manusia. Mengembalikan fungsi hutan melalui penanaman pohon pelawan, sebuynya, karena pohon jenis ini memiliki banyak manfaat, mulai dari daun, pohon dan hingga jamurnya yang bernilai ekonomis.

“Pohon ini tahan lama, ini untuk kawasan ekonomi khusus 9Kek) sangat bagus,” jelasnya.

Pemprov Babel melalui Kepala Dinas Kehutanan, Marwan, mendorong masyarakat untuk selalu menjaga kawasan hutan, terutama yang masuk hutan lindung. Hilangkan budaya merusak hutan dengan melakukan pembalakan liar maupun aktifitas penambangan.

“Jangan sampai masyarakat kita pemikirannya untuk merusak hutan. Tidak tau itu hutan lindung, hutan konservasi atau hutan HP, semuanya rusak, apalagi akibat penambangan. Ini menjadi masalah bagi kita semua,” ungkapnya prihatin.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, kata Marwan, bisa menggugah kesadaran masyarakat agar tidak lagi merusak lingkungan.

“Karena bila itu terjadi maka mereka akan berhadapan langsung dengan masyarakat yang peduli lingkungan,” tegas Marwan.

Sementara Ketua Panitia, Siaw Fing, mengatakan bahwa penanaman dilakukan untuk penghijauan karena kondisi Bukit Rebo yang sudah gundul akibat kegiatan penambangan dan penebangan pohon.

“Ini perlu upaya penghijauan, juga tanggung jawab bersama untuk melestarikan alam,” jelas Siaw Fing.
 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button