NEWS

Hari Penetapan Calon, KPU Minta Siagakan Pihak Kepolisian

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Waktu perbaikan berkas ketiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Bangka Tahun 2018 yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sudah berakhir dari tanggal 18-20 Januari kemarin.

Menurut Zulkarnain selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka,saat ini KPU sedang melakukan penelitian hasil berkas calon dari tanggal 19-27 Januari. Setelah menyelesaikan hasil perbaikan, KPU pun melakukan penelitian dan sudah selesai.

“Pengumuman pada saat penetapan paslon tanggal 12 Februari nanti. Agar ada keseragaman, kami akan menyampaikan hasil penelitian calon. KPU sudah melakukan pleno untuk menetapkan hasil perbaikan. Hasilnya sepeti apa, akan disampaikan tanggal 12 pada saat penetapan,” kata Zulkarnain, Selasa (30/1/2018) di ruang kerjanya.

Saat ditanyakan apakah ada paslon yang tidak lolos dari hasil perbaikan berkas,ia memilih tidak mau menjawab.
“Tanggal 12 nanti kita lihat. Ada yang lolos atau tidak kita lihat nanti. Ada tidak paslon yang harus memperbaiki. Kita sampaikan di penetapan. Bahwa paslon bisa ditetapkan sebagai peserta atau tidak. Yang jelas kekurangan mereka sudah dilengkapi. Apakah lengkap semua, nanti kita sampaikan pada tanggal 12,” ujarnya.

Namun jika tidak lengkap, setelah dilakukan perbaikan maka kata Zulkarnain paslon sudah tidak bisa lagi melakukan perbaikan dan akan dinyatakan gugur.

Oleh karena itu, KPU menganggap pada saat penetapan calon situasi tidak kondusif sehingga pihak kepolisian perlu disiagakan.

“Pada saat penetapan paslon, tidak menutup kemungkinan paslon kita gugurkan maka akan menimbulkan gesekan karena ada tim yang tidak puas. Kita minta bantuan Polres untuk pengamanan,” tutupnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button