NEWS

Di Basel, Ada Anggota Dewan Minta Kades Terpilih Segera Susun RPJP Desa

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Pelantikan kepala desa (kades) di sejumlah desa pasca pemilihan kades berlalu, merupakan awal amanah untuk menjalankan tanggung jawab sebagai pemimpin di desa. Mereka mulai bekerja sesuai peraturan perundang-undangan, untuk melakukan penataan dan menyusun rencana pembangunan desa, termasuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) bagi desa yang belum memiliki.

Demikian kesimpulan Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Samsir, menyikapi dilantiknya para kades di daerah itu, terhitung sejak tanggal 23 hingga 31 januari 2018.

Samsir berpendapat, sebelum melaksanakan tugas yang dibebankan oleh pemerintah daerah sepatutnya para kades mematuhi amanat Permendagri Nomor 82 tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, terutama pasal 6 ayat 1 dan ayat 2. Yaitu mengikuti awal pelatihan masa jabatan yang dilaksanakan pemerintah kota/ kabupaten.

Sebagai kepala desa, dirinya menyarankan untuk mampu bersikap adil, tidak pilih kasih, serta menjadi teladan masyarakat dalam mewujudkan tatanan kehidupan yang kondusif dan dinamis.

‘Kades juga dituntut menjalin solidaritas dalam proses pembangunan, melaksanakan konsolidasi dengan perangkat desa, serta menjalin kerjasama baik dengan BPD dan elemen masyarakat lainnya,” tambah Samsir.
 

Penulis: Apung

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button