NEWS

Bupati : Pemeriksaaan Kanker Serviks Harus Diperbanyak

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Bupati Bangka H. Tarmizi Saat meminta kepada pihak kesehatan baik itu dari dinas kesehatan, RSUD maupun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk dapat memperbanyak pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asetat atau IVA.

“Saya harapkan pemeriksaaan iVA diperbanyak sehingga semakin dapat diketahui dan dideteksi dini,” ungkap Tarmizi dalam sambutannya meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Syafrie Rachman di Kecamatan Puding Besar, Senin (15/1/2018).

Menurutnya sekarang ini banyak perempuan di Indonesia yang mengalami penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim sehingga harus dilakukan pertolongan operasi bahkan terkadang berujung pada kematian. “Banyak, dan di kita ini ada beberapa sehingga perlu bantuan,” katanya.

Untuk angka kematian di Indonesia, disebabkan salah satunya kanker serviks, dan diharapkan perempuan semakin rajin untuk memeriksa kesehatan sehingga terhindar dari penyakit yang mematikan ini. “Semoga perempuan dan ibu-ibu mau dan rajin periksa, karena ini demi kesehatan,”katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr.Then Suyanti, mengatakan pihaknya terus menggenjot dan menggiatkan pemeriksaan kanker serviks yang  bekerja sama dengan Pengurus Cabang IBI Bangka serta puskemas puskesmas yang ada di Kabupaten Bangka. “Puskesmas kita telah terakreditasi semuanya, dan diharapkan dapat membantu apa yang diinginkan Bupati Bangka,” jelasnya. 

Bahkan sebelumnya IBI telah sering melakukan kegiatan pemeriksaan IVA di beberapa puskesmas di Kabupaten Bangka. “Dulu juga pada HUT IBI ke-66 ada pemecahan rekor MURI untuk pemeriksaan IVA terbanyak dan juga pelayan atau bidan terbanyak melayani tentang IVA ini,” imbuhnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button