NEWS

Bulan Bhakti Sosial IBI KB Kesehatan dan PLKB Dicanangkan di Sungailiat

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar pencanangan bulan bhakti sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB kesehatan dan bulan aksi Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) tingkat Provinsi Babel tahun 2018, Rabu (24/1/2018) di Nelayan I Sungailiat. 

Kamarunisa, Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Babel dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama enam bulan sejak bulan Januari sampai bulan Juli 2018.

“Bulan aksi IBI dan PLKB merupakan kemitraan antara BKKBN dengan IBI yang dilakukan setiap tahun, program KBK berupa KIE, promosi dan konseling kesehatan reproduksi serta pelayanan KB atau pemasangan kontrasepsi oleh semua anggota IBI difasilitas kesehatan  baik pemerintah maupun swasta,” jelasnya. 

Untuk fasilitas yang ada yakni FKRTL, FKTP serta jejaring klinik bersalin dan bidang praktek mandiri. Menurutnya, secara umum kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas

Sedangkan secara khusus tujuannya adalah meningkatkan peran bidan dan organisasi IBI dalam memfasilitasi dan pembinaan usia subur untuk pelayanan keluarga berencana serta meningkatkan jumlah peserta KB yang baru dan yang aktif.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Rustamsyah mengatakan kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk aksa, aksi yang nyata yang menunjukan adanya sinerginitas dari berbagai stakeholder baik dari BKKBN, IBI, provinsi, kabupaten dan TNI Polri.

“Kegiatan ini akan memberikan manfaat yang sangat besar dalam rangka menciptakan ketahanan keluarga. Pemkab Bangka mengucapkan terima kasih karena telah dilaksanakan bakti sosial KB, pemeriksaan IVA dan pencegahan pencegahan sejak dini terhadap penderita kanker serviks. Mudah mudahan kegiatan ini dan dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat,”ungkapnya. 

Sementara itu, mewakili Gubernur Babel, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Haryoso mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat tercapainya target pelayanan KB, baik bagi peserta KB baru maupun peserta KB aktif tanpa mengurangi kualitas pelayanan. 

Ia berpesan, standar operasional prosedur yang telah ditetapkan sebagai acuan dalam melakukan pelayanan KB hendaknya dipatuhi secara baik oleh provider dan harus di monitoring dan pengawasan tehnis pelayanan KB dilapangan. 
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BKKBN yang diwakili oleh Dwi Listyawardani selaku Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Babel Lartini Yan megawandi dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Mina Tarmizi. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button