NEWS

BPBD Babel Luncurkan Program Baru Antisipasi Bencana, Mikron: Masyarakat Jangan Gagap

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki program baru untuk mengantisipasi bencana. Rencananya, program baru ini akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa, mengungkapkan, program antisipasi bencana tersebut meliputi pencegahan, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka tanggap darurat bencana.

Beberapa tahun ini, sejumlah wilayah di Babel mengalami bencana. Bahkan intensitasnya di beberapa titik terjadi peningkatan.

Pihaknya akan melakukan sosialisasi kesiapsiagaan menghadapi bencana, seperti banjir dan musibah lainnya. Sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar tidak kaget dan trauma pabila terjadi bencana.

Pemerintah akan terus berupaya membangun paradigma siaga bencana. Sehingga baik pemerintah maupun masyarakat, akan selalu siap dan tidak gagap lagi kapan pun bencana terjadi.

“Jangan sampai ketika terjadi bencana banyak yang gagap, koordinasinya susah dan sulit mencari tenaga ahlinya,” ujarnya.

Mikron menjelaskan, salah satu programnyà adalah menyiapkan dan menyiagakan seluruh komponen yang tergabung dalam kebencanaan, untuk ditempatkan di kecamatan-kecamatan.
Mereka direkrut dari unsur masyarakat, terutama kaum muda yang memiliki kecakapan dan tanggap bencana.

“Karena mereka (masyarakat) yang tahu tentang kondisi wilayahnya sendiri, sehingga mereka bisa siaga,” imbuhnya.

Penulis nasir

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close