NEWS

Begini Cara TNI di Belitung Lakukan Program Army Goes To School

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Kodim 0414 Belitung terus menyambangi sekolah-sekolah di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, melalui progra Army Goes to School. Setiap Senin, para prajurit TNI bertindak sebagai inspektur upacara di sekolah dasar, SLTP hingga SLTA. Kali ini, Senin (22/1/2018), Kodim 0414 Belitung turun di sejumlah sekolah.

Di SMKN 1 Kelapa Kampit, Beltim, Batuud Koramil 414-05 Pelda Herman Effendi menjadi irup pada upacara mingguan. Kegiatan ini diikuti 42 orang guru dan 495 pelajar sekolah tersebut.

Dalam amanatnya, Herman Effendi mengajak siswa-siswi SMKN 1 Kelapa Kampit meningkatkan iman dan takwa, dan memegang teguh Pancasila sebagai pedoman dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mereka juga diingatkan untuk mampu bersikap disiplin dan berdedikasi serta memiliki jatidiri sebagai seorang pelajar.

Kegiatan Army Goes to School juga berlangsung di MAN 1 Tanjungpandan. Di sekolah ini, Kapten Inf Rudi Triyuwono mewakili Dandim 0414/Belitung selaku pembina upacara bendera. Di depan sekitar 536 siswa, Rudi Triyuwono meminta perkembangan teknologi dan informasi dapat dimanfaatkan secara positif.

Para pelajar, kata Rudi, hendaknya tidak diperbudak oleh peralatan teknologi saat ini, seperti telepon selular dan sejenisnya, yang berdampak pada berkurangnya pemahaman terhadap mata pelajaran di sekolah.

Sementara di SMPN 1 Tanjungpandan, Danramil 414-01/Tanjungpandan Mayor Inf Djoko Lelono juga melaksanakan program Army Goes to School. Djoko memberikan pembekalan dalam Seminar Bela Negara dengan materi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, diikuti oleh 465 orang siswa dan siswi serta 25 orang guru SMP Negeri 1 Tanjungpandan.

Selain mengingatkan untuk mempedomani Pancasila dan menjaga kerukunan meski berbeda suku, agama dan ras, sesuai semangat Bhinneka Tunggal Ika, Mayor Inf Djoko Lelono meminta para pelajar memiliki rasa percaya diri dan naluri ingin tahu guna di tengah persaingan yang semakin ketat.

“Jadikan juga semangat Sumpah Pemuda sebagai motivasi semangat belajar dan berprestasi. Jauhi narkoba dan pergaulan bebas,” pintanya.

Penulis : Nasir

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button