NEWS

Ada Si Dora, Ingatkan Warga untuk Donor Darah

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Masyarakat Kabupaten Bangka kini mulai terbantu memperoleh darah untuk pasien, melalui sistem Aplikasi Donor Darah (Si Dora). Selain memudahkan pasien, Si Dora juga dibuat untuk mengingatkan masyarakat dalam menyumbangkan darahnya.

Si Dora merupakan aplikasi yang dibuat mandiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka untuk memudahkan akses masyarakat terhadap kebutuhan tranfusi darah.

Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka, H Tego, mengakui, selama ini masyarakat merasa kesulitan untuk memperoleh darah. Hal itu disebabkan ketersediaan darah hanya mengandalkan pendonor dari relawan, sementara di PMI tidak memiliki stok darah.

“Selama ini masih banyak yang lupa untuk mendonorkan darahnya. Sekarang sudah bisa mendonorkan darahnya sekitar dua bulan setengah,” ujar Tego, Senin (29/01/2018), di Sungailiat.

Aplikasi Si Dora merupakan situs web yang dapat diakses smartphone. Aplikasi ini menyediakan data stok darah di RSUD Depati Bahrin Sungailiat, data pendonor yang siap donor beserta identitas dan nomor kontak melalui UTDRS RSUD Depati Bahrin dan PMI. 

Dijelaskan Tego, Si Dora hanya menyediakan jumlah pendonor yang siap pada hari itu, namun untuk nomor kontak dan handphone tetap dirahasiakan untuk melindungi privasi pendonor.

“Hanya admin yang bisa, PMI sama UTDRS. Kalau masyarakat hanya bisa mengakses sidora.go.id dan bisa melihat informasinya seputaran data yang mau donor darah dan golongan darah,” katanya.

Tego mengakui, stok darah hingga kini baru sebatas relawan melalui PMI. Sementara stok yang ada jumlahnya belum mencukupi, sehingga pihaknya masih mengandalkan donor dari pihak keluarga pasien yang membutuhkan. 

“Jika ada pasien yang membutuhkan darahnya, kita harapkan ada keluarga yang mendonorkan darahnya, jadi ada yang menggantikannya,” katanya.

Dirinya berharap, PMI Kabupaten Bangka dapat segera terealisasi dengan adanya unit donor darah. Hal itu akan sesuai tugas dan fungsi PMI dalam menyediakan stok darah, sehingga sangat membantu pasien terhadap kebutuhan darah dalam kondisi medis. Sebab itu, Tego menyebutkan keberadaan aplikasi Si Dora sangat diperlukan untuk mengingatkan warga dalam mendonorkan darahnya kepada yang membutuhkan.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button