NEWS

Tiga Desa Terima Bantuan Sapi dari Pemkab Bangka

Lensabangkabelitung.com, Merawang – Pemkab Bangka menyerahkan bantuan sapi untuk tiga kelompok ternak di tiga desa. Sabtu (30/12/2017). Kelompok ternak yang menerima bantuan sapi ini yakni Desa Saing, Tanah Bawah dan Puding Besar. 

Masing-masing kelompok ini mendapatkan jumlah sapi bantuan yang berbeda. Untuk Desa saing sebanyak 7 ekor, Desa Tanah Bawah 6 ekor dan Desa puding Besar 4 ekor sapi. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Ir. Kemas Arfani Rahman mengharapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh masing – masing kelompok ternak. 

Program bantuan sapi ini diberikan melalui program usulan kepada dinas pertanian yakni Sirkasi(sistem integrasi kelapa sawit/karet/ padi dan sapi) yang melalui proses verifikasi kelayakannya antara lain: mempunyai kebun karet sawit, padi sebagai sumber pakan utama dan kemampuan memelihara serta mempunyai organisasi yang kuat. 

“Setiap kelompok ternak ini juga diberi jangka waktu selama 5- 6 tahun dengan ketentuan untuk sapi betina satu ekor induk mengembalikan anaknya dua ekor dan untuk sapi jantan satu ekor mengembalikan anaknya satu ekor dngan umur 18- 24 bulan, “katanya.

Tujuan utama program Sirkasi lanjut dia, adalah memanfaatkan areal kebun untuk tempat pengembalaan,menambah hasil pendapatan peternak, memperbanyak jumlah ternak dan peternak, kotoran ternak dapat menjadi sumber pupuk utama bagi perkebunan dan sawahnya dan memperkuat pola konservasi lahan terutama pada lahan eks tambang timah. 

Penulis : Apung

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button