NEWS

Tarmizi: Kepala Desa Bukan Raja, Tapi Pelayan Masyarakat

Lensabangkabelitung.com, Merawang – Bupati Bangka Tarmizi Saat melantik Jali sebagai Kepala Desa Dwi Makmur Kecamatan Merawang periode 2017-2023, Kamis (14-12-2017). Pelantikan yang digelar di lapangan basket Desa Dwi Makmur Merawang itu dihadiri sejumlah kepala OPD serta masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Tarmizi mengatakan, tugas pemerintah tidak terlepas dari peran kepala desa dan ibu kepala desa, kades camat, RT, kaling, kadus dan OPD semua berperan aktif. Menurut dia, sekarang ini kepala desa dan bupati bukan lagi raja tetapi pelayan masyarakat.

“Tidak usah macem-macem, tugas kite ne hanye melayani dan peduli, yang laen pacak ngikut. Kita ini kabupaten dengan nilai tertinggi dalam pelayanan publik dengan nilai 97,35 mengalahkan 500 kabupaten dan kota dan itu hasil kerja sama kita semua termasuk Polres dan TNI,” jelasnya. 

Ditambahkan orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, tugas pemerintahan dimulai dari pelayanan yang baik, KTP bagi masyarakat, perizinan dipermudah, semua dimulai dari RT sampai ke-kades-nya. 

Dia juga mengingatkan tahun 2018 proyek di desa haram dengan sistem borong. Proyek desa, ujarnya, harus memberdayakan masyarakat yang tidak bekerja bekerja sama-sama.
“Perintah presiden, perintah menteri, kepada para bupati menjelaskan bahwa kegiatan proyek harus padat karya,”jelasnya.

Selain itu, menurut mantan sekda Bangka ini, retribusi yang sudah dipungut oleh kabupaten tidak usah lagi dipungut di desa, yang tidak ada aturannya jangan dilakukan dan jangan sampai ada pungli. Ia juga meminta agar sekretaris desa betul-betul mendata warga desa dengan baik.

“Ibu sekretaris tolong didata dengan baik penduduk di desa itu, berapa jumlah penduduk perempuan dan laki-laki, berapa anak yang putus sekolah, siapa namanya, RT berapa, anak siapa, rumahnya dimana, semua harus didata, “jelasnya.

Tugas kesejahteraan rakyat, ia nilai sangat berat tidak bisa dikerjakan sendiri harus bekerjasama dengan camat, BPD, termasuk PKK. Selain melantik kepala desa, juga dilaksanakan pelantikan ketua tim penggerak PKK Desa Dwi Makmur yakni Mariance istri kepala desa terpilih. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button