NEWS

Taman Kota Sungailiat Diresmikan 27 Desember

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Taman Kota Sungailiat (TKS) sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun dilahan eks terminal sudah selesai dibangun. Meskipun belum diresmikan sudah banyak masyarakat yang bermain di taman yang dilengkapi dengan berbagai arena permainan anak-anak ini. 

Panca Pujayadi, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perumahan Kabupaten Bangka mengatakan jika pembangunan RTH sudah selesai sejak tanggal 15 Desember lalu.

“Tanggal 14 Desember sudah kami periksa, mana yang belum rapi, untuk taman masih dalan masa pemeliharaan selama enam bulan. Kembang mati harus diganti,” kata Panca, Rabu (20/12/2017).

Menurut Panca meski belum diresmikan, taman itu sudah banyak didatangi masyarakat umum hingga pemborong kewalahan.

“Memang pemborong ada disitu, jadi kami bilang pak Muksin (Plt Sekda) agar ada Satpol PP yang membantu menjaga, kasian pemborong kewalahan, kami sebagai pemilik tolong dibenarkan,” ujar Panca. 

Untuk pengelolaan nanti, kata Panca, sudah ada kesepakatan dengan Fery Insani (sekda lama) yaitu untuk food court dikelola dinas perdagangan, RTH dikelola DLH dan untuk bundaran serta satu ruko akan dikelola disparpora karena diperuntukkan sebagai toko souvenir.

“Tiga dinas itu sekarang masih tanggungjawab kami, nanti kalau sudah diserahkan, baru tanggungjawab mereka. Rencana bupati meresmikan tanggal 27 Desember 2017 serentak dengan peresmian rumah sakit,” katanya.

Untuk pengerjaan RTH ini, tambah dia, telah dikucurkan dana sebesar Rp 7,8 miliar dari APBD dengan waktu pengerjaan sekitar lima bulan. 

“Masyarakat masih menggunakan lahan itu, kami beri tempo untuk pedagang, tapi sepakat tanggal sekian bongkar dan yang dikerjakan di luar dulu,” jelasnya. 

Untuk relokasi pedagang dari Panti Gembira ke RTH, dikatakan Panca tergantung pengelola. “Bagusnya sebelum peresmian. Pindah dulu biar ramai tapi tergantung Perindag, kedepan ada kesepatan petugas kebersihan, keamanan bagaimana,” pungkasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button