NEWS

Sidang SPPD Fiktif DPRD Kembali Digelar, Fakta-fakta Mengejutkan Mulai Terungkap

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sidang perkara dugaan korupsi surat perintah perjalanan dinas (SPPD) fiktif DPRD Kota Pangkalpinang dengan terdakwa Budik Wahyudi kembali digelar di PN Tipikor Pangkalpinang, Kamis (14/12/2017). Sidang dengan agenda pemeriksaan saksi itu menghadirkan dua orang notulen, yakni Robbi Arbani dan Rikki Rakasiwih.

Dalam persidangan tersebut, kedua saksi itu memilih buka-bukaan. Dimulai dari Robbi Arbani yang mengatakan kalau mencairkan SPPD fiktif anggota DPRD dalam perjalanan dinas, itu hal yang biasa.

Sebagai notulen, lanjut dia, memiliki andil dalam proses pencairan SPPD, walau sebetulnya bukan hak para anggota DPRD yang tak menunaikan kewajibanya. “Hanya 1 dewan saja bu yang hadir di acara DPRD DKI Jakarta. Lainnya gak hadir,” kata Robbi.

Walau anggota dewan itu tak hadir , Robbi mengaku akhirnya membuat absensi kehadiran para dewan terhormat itu. Hingga akhirnya juga memproses pencairan. “Saya yang buat (LPJ SPPD), absensinya dibuat hadir,” sebutnya.

Alasannya berani memanipulasi LPJ SPPD, karena baginya sudah menjadi kebiasaan di sekretariat selama ini.
“Ini hal yang biasa selama ini,” katanya.

Mendengar pengakuan saksi Robbi, Hakim Sri Endang langsung meminta kepada Tim JPU dari Kejaksaan Negeri Kota Pangkalpinang untuk menyidik dugaan korupsi SPPD lebih dalam dan luas.“Bu jaksa, sidik SPPD lagi,” kata Sri Endang.

Hal serupa, dikatakan Notulen Rikki Rakasiwih. Dia mengaku anggota Komisi II yang saat itu, seharusnya kunjungan ke Kantor Kemenpora sebanyak 10 anggota dewan tak hadir sama sekali. Namun dirinya, atas perintah sekwan Latip Pribadi tetap memproses pencairan SPPD para dewan.

“Saya dipanggil pak Latip dan saya laporkan kalau pertemuan tak jadi, dan pak Latip tahu. Akhirnya saya memprosesnya (LPJ), saya minta verifikasi ke PPK, PPTK dan bikin kuitansi di humas guna pembayaranya,” kata Rikki.

Penulis : Yudi

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button