NEWS

Sampai Akhir Desember, Sejumlah Sawah Bangka Panen Raya

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman memperkirakan petani sawah dan ladang ada di Kabupaten Bangka akan memulai panen raya di penghujung bulan Desember hingga bulan Februari 2018 mendatang.

Dikatakan Kemas beberapa waktu lalu panen padi yang dimaksud ada di Desa Kimak, Kecamatan Merawang dengan total luas sawah 80 hektar. 

“Jadi sampai akhir bulan Desember 2017 ini, ada 30 hektar sawah dipanen setiap harinya. Dan panen ini akan berlangsung hingga Februari 2018 mendatang,”katanya.

Dengan capaian tersebut, dari target yang ada, panen yang dilakukan setiap hari ini justru melampaui target,baik untuk padi sawah maupun padi ladang. 

“Target Bangka, kita sudah tercapai, yakni 107 persen dan ini telah melampaui target,”katanya.

Ditambahkan Kemas untuk padi sawah di daerah ini ditargetkan 4000 hektar yang ditanam dan untuk padi ladang sekitar 3000 an hektar dan sudah tercapai.

Hanya saja, untuk hasil panen padi sawah dan ladang petani daerah ini, ‎hasilnya bervariasi mengingat varietas padi yang ditanam petani tidak semuanya sama sehingga mempengaruhi hasil panen.

“Paling rendah itu 3,5 ton/hektar. Untuk itu, kedepan, dinas pertanian sedang mempersiapkan pengembangan padi ladang dengan luas lahan mencapai 3.250 hektar,” katanya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close