NEWS

Petani Pangkalanbaru Dilatih Cara Membuat Pupuk dari Jamur Trichoderma

Lensabangkabelitung.com, Pangkalanbaru – Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melaksanakan pelatihan pemberdayaan petani di Desa Air Mesu Kecamatan Pangkalanbaru, Sabtu (9/12/2017).                                            
Kepala Seksi Pembenihan dan Perlindungan Dinas Pertanian Siti Purwanti mengatakan tujuan digelarnya pelatihan agar petani mandiri dan mencoba membuat pupuk sendiri. 

Salah satunya kata dia, dengan cara membuat pupuk dari jamur trichoderma. Dengan demikian para petani bisa mendapatkan pupuk dengan mudah tanpa harus selalu menyuplai atau membeli dari luar.                    

Selain itu, Siti juga menjelaskan dalam pelatihan ini petani juga diberikan metode dan cara baru untuk membuat pupuk dari jamur tersebut.

Sementara itu, penyuluh pertanian lapangan (PPL) Kecamatan Pangkalanbaru Rizwan menerangkan, petani di desa sudah saatnya berkarya mandiri serta serta bisa menciptakan pupuk olahan sendiri dengan hasil yang baik.

Diadakannya kegiatan pemberdayaan petani dari dinas pertanian Bateng ia sambut baik. Pihaknya sangatlah merasa terbantu untuk bisa lebih mudah melakukan penyuluhan dengan petani desa setempat.            
“Kita berharap hasil pemberdayaan hari ini dapat langsung dicoba dan diterapkan petani untuk membuat pupuk buatan dari jamur trichoderma, “katanya. 

Kegiatan pelatihan pemberdayaan petani ini juga diikuti oleh pendamping desa pemberdayaan (PDP) dan pendamping lokal desa(PLD) Kecamatan Pangkalanbaru.

Turut hadir dalam acara tersebut kepala Desa Air Mesu, tokoh agama dan undangan lainnya.

Penulis : Apung

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button