NEWS

Pantai Penyak yang Dulu Jadi Primadona Kini Terlupakan

Lensabangkabelitung.com, Koba – Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) memiliki sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Diantara objek wisata itu adalah pantai. Di Kecamatan Koba misalnya, ada salah satu pantai yang dulu menjadi primadona bagi masyarakat. Pantai itu adalah Pantai Penyak.

Pantai ini pernah masuk dalam catatan sejarah penelitian atau pemantauan terjadinya gerhana matahari pada tahun 1986 oleh pemantau dari berbagai negara. Kondisi permukaan air yang tenang, pantai yang landai, jejeran pohon kelapa yang membuat angin sepoi-sepoi menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk berkunjung ke Pantai Penyak, tak sulit. Dari arah Pangkalpinang menuju Bangka Tengah, pantai ini berada persis di pinggir jalan. Bagi pengendara motor atau mobil yang melintasi pantai ini tak jarang singgah untuk melepaskan lelahnya di pantai dengan beristirahat menikmati keindahan alamnya.

Di pantai ini juga banyak terdapat rumah makan yang berada tak jauh dari bibir pantai. Warung-warung ini menawarkan kuliner khas Bangka Belitung salah satunya lempah kuning.

Namun kini, pantai tersebut sudah tak lagi menjadi primadona. Oleh pemerintah setempat pun seakan dianaktirikan ketimbang objek wisata lain. Padahal, dulunya Pantai Penyak sangat ramai dikunjungi masyarakat, baik itu lokal ataupun luar daerah.

Keadaan pantainya kini sudah tidak terawat. Sudah sangat jarang pengunjung yang datang di pantai ini. Pantai yang dulunya menjadi salah satu objek wisata Bateng yang indah serta ramai pengunjung, kini seolah terlupakan.

Sangat diharapkan objek wisata Pantai Penyak ini dapat di tata dan kembali dirawat. Dilihat dari kondisi sekarang sangat memprihatinkan. Pemerintah Bangka Tengah seyogyanya dapat kembali menata kawasan pantai agar tetap terjaga keindahannya menjadi objek wisata yang masih dikunjungi wisatawan yang ada di Bangka Belitung, khususnya masyarakat Bateng.

Penulis : Syamsuddin

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button