NEWS

Pangkalpinang Siaga Banjir, TRC Ditempatkan di Titik Rawan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengharapkan warga meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan banjir di wilayah Kota Pangkalpinang.

Kepala BPBD Provinsi Babel Najamuddin, Rabu (20/12/2017 ) di ruang kerjanya menjelaskan Kota Pangkalpinang berpotensi terjadinya banjir dikarenakan intensitas hujan serta pasang air laut yang tinggi.

Kata dia, saat ini laut sedang pasang dengan ketinggian gelombang antara 2-2,5 meter. Ditambah intensitas hujan yang tinggi, bisa mengakibatkan sungai meluap dan terjadinya banjir.

“Kami telah menyiagakan personel tim reaksi cepat (TRC) dan mensosialisasikan potensi banjir ini kepada masyarakat serta berkoordinasi dengan TNI, Polri, Basarnas dan pemerintah kota untuk mengantisipasi terjadinya banjir,” jelasnya.

Tim reaksi cepat ini, lanjut dia, sudah ditempatkan di titik-titik rawan banjir, seperti Kampung Opas, Kampung Bintang dan daerah dataran rendah di sepanjang Sungai Rangkui.

“Kami berharap masyarakat waspada dan melapor kepada petugas apabila air sungai naik, agar penanggulangan bencana dapat dilakukan secara cepat dan optimal,” tambahnya.

Badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca ekstrem yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang pada pagi hingga sore akan berlangsung hingga Januari mendatang.

Penulis : Nasir

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button