NEWS

Nelayan Kurau Keluhkan Ombak Tinggi dan Angin Kencang

Lensabangkabelitung.com, Koba – Para nelayan di Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah mengeluhkan ketinggian gelombang dan angin kencang di perairan wilayah itu sehingga membuat nelayan terhambat untuk mencari ikan.

“Ombak yang besar dan angin kencang beberapa hari ini, sulit cari ikan. Banyak perahu nelayan diistirahatkan dan di tambatkan di dermaga perahu,”kata salah satu nelayan Kurau, Dikin, Rabu sore (13/12/2017).

Seperti tahun sebelumnya kata Dikin, setiap bulan 12 memasuki awal tahun baru, keadaan laut biasanya memang sangat tidak bersahabat. Ada sebagian nelayan yang tetap memilih melaut dengan risiko.

“Masih ada yang berangkat melaut, cuma dalam mencari ikan kami tidak seperti biasanya ada waktu tertentu jika di laut hanya melihat keadaan, waktu teduh memancing ikan tetapi jika angin mulai kencang dan ombak besar kita kembali ke Pulau Bebuar untuk berlindung,”ujarnya.

Dikin memperkirakan, kondisi angin kencang dan gelombang tinggi ini akan mengalami puncaknya pada Januari mendatang. Ketinggian gelombang, katanya bisa mencapai 2,5 meter.

“Bagi rekan-rekan nelayan lain yang tak melaut, lanjut dia, ada yang memilih menambah penghasilan dengan berkebun, kerja bangunan dan lain sebagainya,”imbuhnya.

Dngan kondisi seperti ini, komunitas nelayan berharap agar pemerintah memberikan perhatian kepada para nelayan dengan bantuan yang dapat disalurkan kepada nelayan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya ada bantuan, berupa bahan kebutuhan pokok para nelayan sampai nelayan kembali beraktivitas kembali,” katanya.

Penulis : Apung

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button