NEWS

KPU Pangkalpinang Gelar Raker dan Simulasi Penataan Dapil

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – KPU Kota Pangkalpinang menggelar rapat kerja dan simulasi penyusunan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Pangkalpinang di Hotel Cordella, Selasa (19/12/2017).

Ketua KPU Pangkalpinang, M. Yusuf menjelaskan dalam menentukan penataan dapil dan alokasi kursi telah diatur dalam UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU No. 7 tahun 2018 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu.

Dalam penataan dapil yaitu jumlah kursi anggota DPRD kab/kota ditetapkan paling sedikit 20 kursi dan paling banyak 55 kursi sedangkan untuk alokasi kursi dapil DPRD kab/kota paling sedikit 3 kursi dan paling banyak 12 kursi.

“Secara garis besar penataan dapil kabupaten/kota, KPU daerah memberi usulan dapil kepada KPU provinsi dan melakukan rekapitulasi atau koordinasi lalu dari KPU provinsi diserahkan ke KPU RI untuk kemudian melakukan penataan dan menetapkan dapil,” jelasnya.

Untuk menentukan jumlah kursi DPRD Pangkalpinang, lanjut dia, dapat dihitung berdasarkan jumlah penduduk yaitu bila jumlah penduduk berjumlah 200.001-300.000 jiwa maka jumlah kursi untuk DPRD berjumlah 30 kursi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Untuk menentukan jumlah alokasi kursi per dapil wilayah dengan cara menetapkan bilangan pembagi penduduk yang bisa didapatkan dari jumlah penduduk dibagi jumlah kursi DPRD yang telah ditetapkan berdasar kisaran jumlah penduduk,” katanya.

Pangkalpinang, lanjutnya memiliki empat wilayah dapil dengan tujuh kecamatan dan jumlah alokasi kursi keseluruhannya 29 kursi dengan 1 cadangan dan jumlah kursi keseluruhan untuk Pangkalpinang adalah 30 kursi.

Penulis : Nasir

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button