NEWS

Kabupaten Bangka Masih Aman dari Difteri

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka memastikan Kabupaten Bangka aman dari wabah difteri seperti yang terjadi di beberapa daerah di Provinsi Jawa Barat.

“Untuk Bangka belum ditemukan wabah difteri seperti yang terjadi di provinsi lain,” ujar Kadinkes Bangka dr. Then Suyanti, Jum’at (15-12-2017)

Sejauh ini, kata dr. Then, pihaknya masih terus melakukan pendataan di daerah karena jika ditemukan ada warga yang terkena wabah difteri maka dianggap sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Menurut dia, pencegahan terhadap wabah difteri ini sudah dilakukan sejak lama terutama bagi anak balita dengan memberikan vaksin yang sifatnya reguler yang merupakan  program dari Kementerian Kesehatan.

“Jadi memang untuk anak umur dibawah 1 tahun ada 3 kali vaksin, umur sekitar 2 sampai 4 bulan, serta yang biasa dilakukan di sekolah untuk kelas 1, kelas 2 dan kelas 5,”katanya.

Dia menambahkan, jika ada orang tua yang menolak anaknya ‎untuk divaksin, maka orang tersebut dinyatakan imunisasinya tidak lengkap dan harus dilakukan imunisasi ulang.

“Wabah difteri ini bisa saja merebak ke daerah ini jika terjadi kontak dengan si penderita difteri,”katanya.

Namun Then memastikan, orang yang imunisasinya lengkap sulit terkena wabah difteri.

“Itu yang terkena rata-rata status imunisasinya kurang, harusnya dia menerima 6 kali imunisasi, tapi dia belum melakukan,”katanya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tarmizi Saat menegaskan kepada petugas pemerintahan untuk segera mendata warganya yang belum melakukan imunisasi. jangan sampai terjadi wabah KLB  difteri yang sudah terjadi di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten.

Hal ini disampaikan Tarmizi saat pelantikan dan  pengambilan sumpah jabatan kepala Desa Dwi Makmur Kecamatan Merawang baru – baru ini. 

“Saya minta dinas kesehatan turun dicek dan diimunisasi karena itu sudah menjadi tugas untuk melayani masyarakat, ” jelasnya. 

Penulis  : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button