NEWS

Gubernur Erzaldi Dukung Pengembangan Tambak Udang

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dalam mendukung percepatan pembangunan di Kepulauan Bangka Belitung, berbagai upaya terus dilakukan oleh Gubernur Erzaldi Rosman. Antara lain melakukan sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bangka dalam pengembangan usaha tambak udang.

Apalagi usaha tambak udang sangat prospektif dikembangkan di kawasan Babel yang dikenal sebagai daerah kepulauan ini.

Jalinan sinergisitas itu setidaknya terlihat saat Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Tarmizi H. Saat mengadakan kunjungan ke tambak udang milik PT Merdeka Sarana Usaha (MSU) yang dikelola H.Husain Karim di kawasan Ketapang Pangkalpinang, Sabtu (23/12/2017).

“Saya sangat mendukung kedepan nanti dalam menghadapi pasca tambang timah di kawasan Kepulauan Bangka Belitung dikembangkan usaha tambak udang ini. Apalagi usaha tambak udang mampu bertahan lama dan sangat prospektif untuk dikembangkan. Sebagai contoh tambak udang yang kita kunjungi ini sudah beroperasi lebih dari 30 tahun,” papar Erzaldi didampingi Tarmizi Saat, Husain Karim, dan Plt Kepala Dinas PUPR Pemprov Babel, Syahrudin.

Namun menurut Erzaldi, bisnis tambak udang ini harus melibatkan masyarakat dengan didukung penuh oleh masyarakat sendiri. Selain itu masyarakat juga tidak boleh mengganggu usaha tambak yang sudah ada.

“Juga yang lebih penting lagi kita harus memiliki pelabuhan laut yang memadai sehingga bisa dilalui kapal-kapal besar untuk melakukan ekspor termasuk hasil olahan udang ini ke luar negeri,” tutur Erzaldi yang dalam kunjungan itu sempat mencicipi udang hasil panen dari tambak udang PT MSU.

Sementara Bupati Bangka Tarmizi H. Saat menyatakan sangat mendukung upaya Erzaldi untuk menghidupkan usaha tambak udang yang melibatkan masyarakat.

“Jelas kita sangat mendukung upaya Pak Erzaldi yang mendorong pengembangan usaha tambak udang. Apalagi di daerah Kabupaten Bangka sendiri lahan untuk tambak udang sangat tersedia luas seperti di kawasan Lintas Timur, Tuing hingga daerah Mendo dan Penagan,” ujar Tarmizi.

Lebih jauh Tarmizi menyatakan, ada beberapa faktor penting dalam pengembangan tambak udang ini. Antara lain prospek pasarnya sangat menjanjikan karena restoran dan hotel-hotel perlu udang segar. Juga untuk ekspor ke luar negeri karena permintaan cukup tinggi.

Kemudian adanya dukungan pemerintah daerah, masyarakat, dan pengusahanya sendiri serta alih teknologi pengelolaan yang relatif mudah. Sehingga kedepan nanti kata Tarmizi, Pemkab Bangka akan segera melakukan berbagai upaya terobosan dalam mendukung usaha tambak udang ini, termasuk dalam hal regulasi dengan memberikan kemudahan perizinan bagi para pengusaha.

“Ini semua sangat menjanjikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Oleh sebab itu kami sangat mendukung Pak Gubernur dan siap bersinergi dengan Pemprov Babel kedepan nanti,” pungkas Tarmizi. (Tim Media Gubernur)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button