NEWS

DPPRD Bangka Lakukan Pembinaan Pengelolaan Dana Desa

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kepala Dinas Pendapatan, Pajak dan Retribusi Daerah (DPPRD) Kabupaten Bangka Darius mengatakan untuk pengelolaan dana desa, inspektorat secara berkala turun ke desa tidak hanya melakukan penindakan tetapi asistensi dan pendampingan.
Menurutnya dengan jumlah personil di inspektorat yang terbatas jadi tidak bisa mengcover semua desa, hanya sebatas pembinaan rutin dua hingga tiga kali. Di luar audit rutin, inspektorat secara berkala datang ke desa-desa untuk audensi dan pendampingan.

“Dua atau tiga kali dalam sebulan kami datang ke desa-desa untuk membantu aparat desa jika ada yang perlu ditanyakan dalam pengelolaan dana desa,” jelas Darius, Sabtu (16/12/2017).

Dia menambahkan DPPRD tidak melakukan audit tapi membantu menyusun merencanakan bekerjasama dengan Dinsospemdes. “Sebelum turun kami ajak diskusi langkah-langkah apa untuk kawan-kawan di desa,” katanya. 

Menurut mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Bangka ini, Inspektorat akan peduli terhadap pengelolaan keuangan desa ini.

“Kedepan duit makin banyak, yang melihat semakin banyak, yang diseret apabila terjadi penyalahgunaan akan lebih banyak juga,” pungkasnya.

Ditambahkannya untuk pengelolaan keuangan desa telah dibentuk klinik akuntabilitas keuangan desa di Inspektorat.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button