NEWS

Awas! ASN Dilarang Foto Bersama Calon Kepala Daerah

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Aparatur sipil negara ( ASN) dilarang untuk berfoto bersama pasangan calon kepala daerah dan mengunggahnya ke media sosial. Memasuki tahun politik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengeluarkan kebijakan soal larangan tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bangka Surtam A. Amin menjelaskan bahwa sebenarnya larangan untuk memberikan dukungan kepada calon sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) 53 Tahun 2010.

“Sebetulnya larangan tersebut tidak ada pernyataan tertulis, hanya terjemahan atau pengembangan dari Kemenpan, begitu kita berfoto dengan salah satu calon dan diposting dianggap sudah memberikan dukungan,padahal kita bisa mendukung tetapi tidak boleh mendukung secara terbuka,” kata Surtam, Selasa (5/12/2017).

Saat ditanya soal sanksi menurut dia tetap berpedoman pada PP tentang disiplin PNS. Surtam menegaskan ada sanksi sedang sampai dengan sanksi berat, semua ada hitung-hitungannya.

Jika ada kejadian seorang ASN berfoto tetapi diposting oleh orang lain, menurut Surtam.

“Akan dilihat dulu kasusnya seperti apa, karena jika yang bersangkutan memberikan dukungan yang menguntungkan salah satu calon atau merugikan calon lain itu yang tidak boleh. Kita boleh saja memilih tetapi jika sudah berfoto dianggap orang sudah ikut berkampanye, itu yang tidak boleh,” jelas Surtam.

Terkait dengan Pilkada Bangka 2018 mendatang, Surtam menambahkan pihaknya tidak melakukan pengawasan,hanya sekedar melakukan monitoring.

Penulis:Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button