NEWS

Anggota DPRD Ini Ingin Perjuangkan  Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Anggota Pansus 11 DPRD Bangka Riniati Sajuni mengaku terharu dengan raperda tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas yang baru saja disahkan.

Menurut Ci’ Ani panggilan akrab Riniati Sajuni, selama dirinya masuk dalam pansus 11 yang membahas tentang penyandang disabilitas cakupannya sangat luas menurutnya perda ini bukan hanya untuk orang yang cacat, termasuk lansia dan anak anak kecil.

“Tidak percuma kami belajar jauh-jauh ke Banjarmasin, karena setelah ini kita berani bejalan dengan lancar, semua setuju perda ini disahkan,” jelasnya, usai mengikuti kegiatan rapat paripurna, Rabu (27/12/2017).

Menurutnya dari semua perda yang selama ini dibuat perda yang satu ini sangat menyentuh perasaannya, karena perda ini mengenai orang penyandang cacat. “Seperti kata teman saya memanusiakan manusia karena mereka sama haknya dengan kita,”ungkapnya. 

Saat studi banding ke Banjarmasin, penjelasan dari bapak kepala dinas disana sangat luas cakupannya, tidak hanya bansos semua pihak terlibat.

Selaku anggota dewan akan memperjuangkan hak bagi penyandang disabilitas. Kalau bisa di DPRD, kata dia, bisa dibangun satu lift untuk naik ke atas ruang paripurna.

“Misalnya tamu yang mau naik ke atas ketemu pimpinan dewan atau orang cacat seperti pak Soleh ingin hadir di paripurna tapi tidak bisa, dengan adanya sebuah lift semua bisa hadir,” terangnya. Ci’ Ani mengaku bangga bisa berada di pansus 11 ini karena baginya pansus ini paling menyentuh dirinya. 

Saat ditanya apakah fasilitas bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Bangka sudah terpenuhi, Ci’ Ani menilai masih kurang.

“Hal ini akan kami usahakan dan perjuangkan, memang fasilitas bagi mereka harus ada, apalagi fasilitas yang ada ditempat umum, seperti di taman harus ada kursi roda termasuk juga petugasnya,” jelasnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button