NEWS

Siswa SMUN 1 Belinyu Sulap Biji Ketapang Jadi Minyak Goreng

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kreativitas siswa SMU Negeri 1 Belinyu patut diacungi jempol.  Memanfaatkan limbah biji ketapang, para siswa mampu membuat minyak nabati yang bebas kolesterol.  Temuan para siswa ini patut dibanggakan, karena hanya dalam tempo satu bulan mereka telah mampu mengubah biji ketapang menjadi minyak goreng.

Monika Clara salah satu siswa menjelaskan ide awal untuk membuat minyak nabati dari biji ketapang ini karena melihat masih banyak masyakarat Indonesia yang memanfaatkan minyak goreng dari kelapa sawit. Menurutnya,  perlu ada alternatif lain sebagai pengganti minyak kelapa sawit.

Awalnya,  dia menceritakan, banyak biji ketapang yang tidak terpakai. Kemudian, muncul ide untuk memanfaatkan biji ketapang tersebut dengan sebelumnya diuji apakah bisa menjadi minyak goreng. Setelahnya para siswa  langsung melakukan uji coba.

“Untuk pengolahannya sangat mudah dan praktis, dimana biji ketapang dikumpulkan lalu dikupas diambil biji bagian dalamnya, setelah itu dihaluskan dan didiamkan sebentar, lalu diambil bagian atasnya di masak hingga terpisah antara air dan ekstrak minyaknya, dinginkan dan minyak goreng nabati dari biji ketapang siap digunakan untuk menggoreng dan memasak, “katanya, Selasa. 

Selain enak, kata Mimika,  banyak kandungan yang bermanfaat pada minyak nabati biji ketapang ini, diantaranya asam linioat yang bisa mengobati kolesterol, kandungan protein, asam oleat, asam stearat, asam ministat, asam amino,  glukosa dan vitamin e.

Selain penemuan minyak nabati,  tambah dia,  siswa SMUN 1 Belinyu juga telah membuat tempe dari biji saga, selai dari biji pepaya, cookies dari biji alpukat, es krim dari biji nangka dan masih banyak lagi temuan lainnya. Monika berharap penemuan ini bisa dikembangkan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button