NEWS

PMI Bangka Sediakan Darah Bersubsidi

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Bangka memberikan subsidi bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan darah.Pada tahun 2017 masyarakat yang kesulitan mendapatkan darah bisa menghubungi PMI Kabupaten Bangka, dimana masyarakat akan mendapatkan subsidi sebesar Rp. 100.000 perkantongnya, yang semula jika mengambil darah seharga Rp. 360.000 perkantong, sekarang hanya cukup membayar Rp. 260.000 saja.

Ketua markas Palang Merah Indonesia kabupaten Bangka     H.Tego mengatakan pada tahun 2017 ini biaya total subsidi untuk kantong darah di Kabupaten Bangka sebesar Rp 250 juta. Dimana pemakaian kantong darah yang digunakan dari UPTD Rumah Sakit berapa perbulannya maka pihak PMI akan mengganti sebesar Rp100.000 per kantong.

Tego membantah adanya transaksi jual beli darah di PMI, Menurutnya biaya itu bukan untuk pembelian darah tetapi biaya untuk pergantian kantong dan pengolahan darah sebesar Rp 360.000 dimana biaya tersebut berlaku bagi seluruh PMI di Indonesia. 

Sedangkan untuk stok darah di PMI Kabupaten Bangka, menurut Tego memang belum ada,dimana pihaknya hanya menyediakan data relawan pendonor darah.Tetapi menurutnya selama ini tidak ada kendala dalam penyediaan stok darah,hanya saja yang paling sulit didapat adalah pendonor atau relawan golongan darah AB. 

Untuk memenuhi stok darah di Kabupaten Bangka pihak PMI Kabupaten Bangka mengimbau kepada masyarakat maupun instansi , jika ingin mengadakan kegiatan dibarengi dengan kegiatan donor darah, pihaknya selalu siap untuk membantu pelaksanaan donor darah tersebut. 

Penulis : Vera
Editor : Supri

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button