NEWS

Peringati Hari Armada, Lanal Babel Tanam Bakau di Pantai Rebo

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Memperingati Hari Armada RI tahun 2017, Lanal Babel bekerjasama dengan Ikebana, Pemkab Bangka, PT Timah, serta organisasi simpul Babel, menanam pohon bakau di Pantai Rebo Sungailiat, Selasa (28-11-2017).

Kegiatan ini ditandai dengan pelepasan burung, kepiting bakau dan penanaman 1000 pohon bakau di area Pantai Rebo.

Kegiatan penanaman bersama karyabakti rehabilitasi kawasan pesisir ini mengambil tema “Save our planet, plant a tree”.

Danlanal Babel Kolonel Laut Iwan Kuswanto dalam sambutannya mengatakan dengan penanaman penghijauan di daerah pesisir diharapkan daerah yang tadinya tandus bisa kembali hijau.

Menurutnya Pantai Rebo dipilih karena banyak lahan kosong di area tersebut sehingga memang perlu ditanami, perlu penanaman pohon lebih baik lagi.

Terkait dengan banyaknya TI apung yang ada di area Pantai Rebo untuk sementara menurutnya kegiatannya dihentikan.

“Karena kegiatannya sudah berlangsung lama disini, kedepan akan dilihat kembali bagaimana penertibannya, harus bekerjasama dengan pemerintah daerah serta instansi penegak hukum lainnya. Kami juga tetap melakukan patroli rutin di area laut,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Produksi Laut dari PT Timah Izhar Rahmat mensuport kegiatan seperti ini karena pihaknya konsen pada penghijauan.

Penanaman 1000 pohon bakau merupakan kegiatan lanjutan secara terus-menerus dan kontinyu apalagi bulan-bulan ini sudah masuk musim tanam pada musim hujan.

“Kemarin PT Timah sudah tanam 1000 pohon di Air Nyatoh, 300 pohon mangrove di Pantai Hakok dan hari ini bekerjasama dengan pangkalan TNI Angkatan Laut di Babel melakukan sinergitas dalam rangka pelestarian lingkungan ini bagaimana membentuk ekosistem di lingkungan kita jadi lebih baik,”jelasnya.

Kepala Dinas Kehutanan Pemprov Babel Nazalyus saat membacakan sambutan Gubernur Babel mengharapkan tanaman yang telah ditanam dapat dijaga dengan baik sehingga dapat mengurangi kegiatan yang ilegal dan dapat menjaga ekosistem alam supaya terawat dengan baik.

Menurutnya kegiatan penanaman bakau hari ini juga dalam rangka memperingati Hari Menanam pohon Indonesia yang jatuh pada 29 November 2017.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button