NEWS

Mantap ! Setelah Tembus Nasional, Geopark Belitung Menuju Geopark Tingkat Dunia

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Ketua Badan Pengelola (BP) Geopark Belitung, Dyah Erowati mengatakan penentuan atau jalan menuju geopark Belitung menjadi geopark nasional dilakukan sejak bulan September 2016.

Banyak hambatan dalam perjalanan pembentukan geopark Belitung kurang lebih satu tahun. Pihaknya kata dia, merangkul komunitas-komunitas, masyarakat, pendidikan, serta pelaku usaha pariwisata.

“Perjuangan kami bersama masyarakat Belitung terbayar lunas, dengan penghargaan yang diberikan oleh kementerian untuk geopark Belitung menjadi geopark nasional ini adalah obat lelah kami semua dan masyarakat belitung selama 1 tahun ini,” kata Dyah pada Seminar Geopark Belitung yang dilaksanakan di Hotel Santika Primere, Jum’at (24/11/2017).

Dyah juga tidak menduga kalau geopark Belitung mendapatkan nilai tertinggi diantara lima geopark yang ditetapkan antara lain, geopark belitung, geopark Raja Ampat Papua Barat, geopark Tambora Nusa Tenggara Barat, geopark Bojonegoro dan geopark Karst Maros-Pangkep.

“Tim penilai geopark nasional dari Kementerian ESDM telah melakukan penilaian, untuk geopark Belitung sendiri ada tiga kategori yang dinilai antara lain, keindahan alam, kultur dan flora dan fauna,” ungkap Dyah.

Sementara itu, Sekda Provinsi Babel Yan megawandi menambahkan, dengan ditetapkan Belitung menjadi geopark nasional merupakan kado terindah untuk Kepulauan Bangka Belitung yang baru saja berulang tahun ke-17 pada tanggal 21 November lalu.

Pemerintah Provinsi Babel, kata Yan, juga akan mendukung geopark Bangka untuk menjadi geopark nasional. “Untuk selanjutnya geopark Belitung jangan berbangga terlebih dulu dengan penghargaan ini, karena masih banyak yang harus kita benah untuk menuju geopark kelas dunia,” katanya.

Penulis : Ucup

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button