NEWS

Makanan Olahan Ikan Air Tawar Tak Kalah dengan Olahan Ikan Laut

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat –  Dinas Perikanan Kabupaten Bangka menggelar bazar yang diikuti oleh kelompok tani pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Bangka, Selasa (21 /11 /2017). Bazar yang dilaksanakan di halaman kantor dinas pertanian Bangka ini  bertepatan dengan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas). 

Di bazar ini dijual berbagai macam produk olahan berbahan dasar ikan air tawar mulai dari empek-empek, kerupuk, ikan lele asap, ikan lele bumbu, termasuk sambel lingkung khas Bangka berbahan dasar ikan air tawar. Harga yang dibanderol pun cukup terjangkau.  

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Ahmad Safran menjelaskan,  makanan olahraga berbahan ikan air tawar tidak kalah enak dengan olahan dari ikan air laut. Apalagi harga ikan air tawar relatif lebih murah dibandingkan dengan ikan air laut. Selain harganya yang ekonomis ikan air tawar juga mengandung gizi yang baik untuk kesehatan. 

Safran mengimbau kepada masyarakat walaupun Bangka Belitung daerah yang dikelilingi oleh laut, jangan hanya terpaku dengan makan ikan air laut saja, karena pada musim paceklik dan angin kencang harga ikan air laut pasti mengalami kenaikan. 

“Apa salahnya masyarakat mengkonsumsi atau beralih ke ikan air tawar, apalagi di Bangka sendiri minat masyarakat untuk konsumsi ikan air tawar sudah cukup bagus, “katanya. 

Selain menyediakan olahan ikan air tawar,  di bazar ini turut dipamerkan hasil penemuan SMA Negeri 1 Belinyu, seperti minyak nabati dari biji ketapang, tempe dari biji saga, es krim dari biji nangka, cookies dari biji alpukat dan selai dari biji pepaya.

Dari hasil temuan kreatif siswa ini,  Safran berharap kepada pihak SMA Negeri 1 Belinyu untuk segera mendaftarkan penemuan ini ke BPOM serta mendaftar hak paten,  dengan tujuan agar tidak diklaim pihak lain.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button