NEWS

Mahasiswa KKN UGM Jogyakarta Kembangkan UMKM Di Kelurahan Jelitik

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak 29 Mahasiswa Universitas Gadjahmada Jogyakarta menyampaikan hasil monitoring dan evaluasi selama mengadakan KKN di kelurahan Jelitik Kabupaten Bangka,yang dihadiri oleh Sekda Bangka Fery Insani,perwakilan rektor UGM drg.Ika Dewiana,serta kepala dinas yang ada dilingkungan Pemkab Bangka.(Kamis, 16 november 2017 dikantor kelurahan Jelitik).

M. Rama Iqbal selaku ketua unit KKN PPM UGM unit BBL 10 menyampaikan bahwa Selama lebih dari satu bulan berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh para mahasiswa, mulai dari mengadakan observasi tentang Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK,pendidikan,ekonomi dan kesehatan lingkungan.

Untuk KKN kali ini mahasiswa lebih menekankan pada kegiatan UMKM yang ada di kelurahan Jelitik, hal ini dilakukan karena UMKM salah satu untuk menunjang program pemerintah yakni KEK, mereka memberikan edukasi kepada UMKM,bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam serta kerajinan tangan yang ada di kelurahan Jelitik, seperti pemanfaatan batok kelapa , pembuatan kerupuk, pembuatan sikat dari sabut kelapa, pembuatan permen wijen, pemanfaatan sisik ikan untuk dijadikan bros, yang semuanya perlu dikembangkan lebih baik lagi, mulai dari pengemasan, sampai pemasaran,  agar hasilnya bisa bisa lebih baik lagi. 

Pada kesempatan ini Sekda Bangka Fery Insani menyambut baik semua hasil evaluasi dan monitoring yang dilakukan oleh mahasiswa, Sekda meminta kepada mahasiswa untuk tidak melupakan Bangka, apalagi mereka pernah menjadi bagian dari masyarakat Jelitik ,dalam kesempatan ini juga Sekda menjelaskan bahwa masyarakat yang ada di Bangka merupakan masyarakat yang heterogen yang tidak mempermasalahkan masalah ras suku dan agama,dimana toleransi umat beragama sangat di jaga.

Sementara itu perwakilan dari rektor UGM drg. Ika Dewiyana mengatakan bahwa kerjasama antara Universitas Gadjamada dengan Pemkab Bangka sudah lama terjalin sejak lama apalagi rektor UGM Sofyan Effendi berasal dari jebus yang merupakan putra daerah,  diharapkan kerjasama ini bisa terus dilaksanakan,agar bisa bermanfaat bagi semua.

Ika juga sangat mengagumi toleransi antar umat beragama yang ada dimasyarakat Bangka, dan toleransi ini perlu dipertahankan. Ika berharap adanya diskusi antara pemerintah daerah dan UGM, agar  dengan kehadiran mahasiswa KKN UGM bisa menciptakan program  yang bermanfaat bagi masyakarat,.

Para mahasiswa ini telah menjalani KKN PPL UGM sejak tanggal 1 Oktober 2017 dan berakhir pada tanggal 30 November 2017 mendatang, meskipun akan segera berakhir program ini akan tetap diteruskan oleh mahasiswa KKN UGM lainnya. 

Penulis : Vera
Editor : Supri

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button