NEWS

Kanker Payudara & Serviks Masih Jadi Momok Bagi Kaum Perempuan

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Penyakit kanker payudara dan serviks masih menjadi momok menakutkan bagi kaum perempuan. Untuk meminimalisir kedua penyakit tersebut, perlu adanya pengetahuan dan pemahaman untuk melakukan deteksi dini. Penyakit ini,  jika terlambat ditangani maka akan sulit diobati dan bisa berujung kematian. 

Berdasarkan hal tersebut,  Rumah Sakit Arsani Sungailiat,  belum lama ini mengadakan seminar umum mengenai upaya deteksi dini kanker payudara dan mengenali kanker serviks sejak dini dengan peserta anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bangka.   

Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 dengan tema “Sehat Keluargaku Sehat Negaraku”. Tema ini sengaja dipilih karena kedua jenis penyakit ini dinilai tertinggi di Indonesia khususnya diderita kaum perempuan. 

Direktur Rumah Sakit Arsani dr. Nursakti Awan Adhi menjelaskan tema ini dipilih karena tiang keluarga utama adalah ibu-ibu atau wanita, sehingga para wanita dan ibu-ibu harus tau apa yang menjadi penyebab dan apa bahayanya kedua penyakit tersebut, serta bagaimana cara mengatasinya. 

Menurutnya, Rumah Sakit Arsani mendapat bantuan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan mendatangkan pakar dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta yakni, dr Ridho Ardhi Syaiful dan dr Riyan Hari Kurniawan, yang masing- masing pakar di bidang penyakit kanker payudara dan kanker serviks.

Diharapkan seminar ini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para wanita khususnya ibu-ibu peserta seminar dan dengan adanya seminar ini para wanita bisa mendeteksi lebih awal kedua penyakit tersebut dan bisa menyebarluaskan ilmu yang didapat pada seminar kepada para masyarakat luas, sehingga kedua penyakit ini bisa diminimalisir.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close