NEWS

Gubernur Babel Ajak Warga Jaga Geopark di Babel

Lensabangkabelitung.com, BELITUNG– Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Djohan berkomitmen untuk mengembangkan potensi pariwisata sebagai motor penggerak ekonomi kerakyatan. Gubernur mengajak masyarakat Babel untuk menjaga potensi wisata geologi di Bumi Serumpun Sebalai.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Babel membacakan paparan gubernur dalam seminar nasional “Pengembangan Geopark dan Percepatan Pengembangan Destinasi 10 Prioritas ” di Hotel Santika Premiere, Belitung, Jum’at (24 /11/2017).

“Geopark merupakan sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi, masyarakat setempat berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya,” katanya.

Salah satu yang menjadi aset pemerintah Provinsi Babel yakni batu garuda yang menjadi icon Belitung Geopark dan Desa Kampit yang memiliki daya tarik wisata berupa jejak perkembangan ekonomi pada masa dahulu. Flora dan fauna juga sangat banyak, diantaranya hutan pelawan yang juga ada di Belitung.

Di tempat yang sama, Yan Megawandi juga mengungkapkan Geosite di Belitung sangat banyak, yakni memiliki keragaman warisan geologi seperti di kawasan pantai. Dia mengatakan, potensi wisata tersebut bisa menjadi sumber pemasukan yang menjadi penghasilan warga.

“Guna meningkatkan perkembangan wisata kedepannya, mari pemerintah bersama masyarakat menjaga dan melestarikan kekayaan belitung ini,” tutur Yan.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri ESDM Ella Ubaidi meminta pemerintah provinsi untuk membuka akses informasi untuk masyarakat terkait wisata geologi di Babel. Selain itu, masyarakat perlu bersinergi dengan pemerintah untuk mengembangkan industri kreatif tentang wisata geologi. 

“Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama mengelola secara arif aset tersebut, guna meningkatkan perekonomian masyarakat yang mana didalamnya termasuk pelestarian alam secara berkelanjutan dengan memperhitungkan dampak kerusakan yang terjadi nantinya,” tandasnya.(*)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button