NEWS

Ekstrakurikuler Pramuka Wajib Ada di Sekolah

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Bangka menggelar seminar nasional dengan tema ” Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter”,  Kamis  (23-11-2017) di Gedung Sepintu Sedulang Sungailat.

Menurut Sarbini selaku Ketua panitia mengatakan kepramukaan dinilai penting karena pendidikan kepramukaan merupakan wahana yang paling tepat untuk penguatan pendidikan karakter. 

Pendidikan karakter,  lanjut dia, sudah menjadi kewajiban yang harus  diberikan kepada peserta didik dalam segala satuan pendidikan dan harus diketahui bahwa porsi pendidikan karakter  pada jenjang  pendidikan dasar lebih besar daripada pendidikan yang mengajarkan pengetahuan.

Seminar nasional integrasi penguatan pendidikan karakter dalam kepramukaan ini, kata dia, dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi para pembina pramuka dalam mengintergarasi pendidikan karakter dalam kepramukaan. 

“Selain itu dapat mengimplementasi dalam kegiatan pelatihan kepramukaan di gugus depan masing-masing, sehingga tercipta anak didik yang rajin, terampil dan peduli serta terbentuk pramuka yang suci dalam pemikiran, perkataan dan perbuatan, ” kata Sarbini.

Seminar nasional ini ditambahkan dia,  diikuti 540 orang peserta yang berasal dari 180 gugus depan, yang terdiri dari 180 mabigus, 180 pembina putra dan 180 pembina putri. 

Untuk diketahui,   Peraturan Presiden Joko Widodo Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter,  menyebutkan pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler yang wajib ada di sekolah. Dalam perpres ini disebutkan penguatan pendidikan karakter adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi, olah hati, olah rasa, olah pikiran dan olahraga dengan pelibatan dan kerja sama dan antara satuan pendidikan keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari gerakan nasional revolusi mental.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button