LENSA NASIONALNEWS

Dua Kecamatan Ini Warganya Paling Banyak  Belum Rekam KTP-el

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak 10.000 warga Kabupaten Bangka belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) atau lima persen dari wajib KTP. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Rahmat Gunawan, Jum’at (24-11-2017).

Menurut dia, warga yang paling banyak belum rekam KTP-el berada di Kecamatan Sungailiat dan Mendo Barat. Katanya,  mungkin, yang menjadi faktor penyebab adalah jarak rumah yang jauh.

Padahal, menurut Rahmat, jarak seharusnya bukan jadi alasan. Dukcapil, selalu proaktif jemput bola, dengan datang ke desa-desa agar mempermudah warga melakukan perekaman KTP-el.

“Hampir tiap hari kami melakukan jemput bola ke desa, kecamatan bahkan sampai ke dusun, hanya tinggal menunggu partisipasi dan kesadaran masyarakatnya saja,”katanya. 

Sementara itu, untuk stok blanko KTP-el di Kabupaten Bangka, lanjut Rahmat,  masih ada sekitar 2.000. Jika nanti blanko tersisa 1.000, pihaknya akan meminta lagi ke pusat.

Bagi masyarakat yang masih menggunakan surat keterangan atau suket yang dikeluarkan oleh dukcapil, tambah Rahmat bisa menukarkan menjadi KTP-el.

“Jadi stok blanko yang ada saat ini jumlahnya terbatas, yang diprioritaskan adalah warga yang sudah lama melakukan melakukan perekaman, untuk yang baru merekam harus menunggu dulu,”katanya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button