NEWS

BPOM Pangkalpinang Amankan Ribuan Kosmetik dan Obat Tradisional

*Mengandung Bahan Berbahaya

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Pangkalpinang kembali melakukan penertiban terhadap kosmetik dan obat tradisional yang mengandung bahan berbahaya, beberapa waktu lalu.

Produk kosmetik yang diamankan sebanyak 4.648 pcs dengan total harga mencapai Rp. 79.848.500 dan obat tradisional sebanyak 267 pcs dengan total harga Rp. 8.990.000 dengan total keseluruhan mencapai Rp88.838.500.

“Selanjutnya kita akan melakukan tindak lanjut terhadap temuan tersebut berupa pemusnahan temuan serta untuk para pemilik sarana akan membuat surat pernyataan bahwa tidak lagi menjual produk kosmetik dan obat tradisional yang ilegal dan mengandung zat berbahaya lagi,” kata Kepala BPOM Pangkalpinang Rossy Hertati, Kamis (30/11/2017).

Dalam kesempatan tersebut, menurut Rossy, kegiatan penertiban ini rutin dilakukan mengingat banyaknya kosmetik dan obat trdisional yang ilegal atau berbahan berbahaya yang beredar di masyarakat yang berdampak buruk bagi kesehatan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih selektif dan cerdas dalam memilih produk tersebut dengan melihat labelnya, izin edaran serta tanggal kadaluarsanya apakah telah sesuai atau belum,”ungkap Rossy.

Ia juga menambahkan pada kegiatan penertiban tersebut, pihaknya dibantu oleh Polda Babel, Polresta Pangkalpinang dan Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang.

“Sasaran dalam aksi tersebut adalah sentra perdagangan kosmetika dan obat tradisional dan sarana distribusi obat yang sebelumnya mengedarkan kosmetika/ obat tradisional ilegal dan berbahan berbahaya,”pungkasnya.

Penulis : Nasir

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button