NEWS

Sekda Babel: Desa-desa di Babel Simpan Sejuta Cerita Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Lensabangkabelitung.com, Bangka Selatan – Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung(Babel) Yan Megawandi, Sangat mendorong komunitas-komunitas pencinta sejarah dan budaya untuk menggali potensi sejarah yang selama ini tidak masuk dalam peta perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Hal ini diungkapkan ketika menghadiri kegiatan Seminar kepahlawanan Batin Tikal yang diselenggarakan oleh Yayasan Tanah pusaka dan komunitas Bekaes budaya Bangka Belitung. Di balai pertemuan Desa Gudang Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan. Sabtu(21/10).

“Dengan adanya kegiatan seminar kepahlawanan seperti ini kita jadi mengetahui bahwa Desa-desa di Babel menyimpan sejuta cerita yang harus digali kembali,” ungkapnya.

Sebagai cerita dan fakta yang dijelaskan oleh narasumber dalam kegiatan seminar kepahlawanan Batin Tikal ini. Kegiatan ini sangat luar biasa.

“Sejarah perlawanan di Bangka sangat panjang, ini harus digali kembali. Hal ini sebagai identitas diri dari Babel yang terlupakan. Serta mendorong komunitas-komunitas pencinta Budaya dan Sejarah untuk menggali potensi sejarah yang ada, agar lebih dikenal baik tingkat Nasionl maupun Internasional,” tegasnya.

Mungkin saat ini baru Desa Gudang saja yang terungkap, tapi masih banyak lagi Desa-desa lain yang harus diungkapkan seperti Bangka Kota, dan Kota Waringin dan lainnya.

“Saatnya kita gali potensi sejarah dan budaya yang di Babel, sebagai bukti bahwa masyarakat Babel turut serta berjuang untuk kemerdekaan,” akhirnya.

Penulis : Yudi
Editor : Supri

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button