BANGKA TENGAHLENSA DAERAHNEWS

Prioritaskan Akses Sanitasi, Algafry Resmikan WC dan Tangki Septik 5 Desa di Bangka Tengah

Lensabangkabelitung.Com, Simpang Katis – Pembangunan akses sanitasi untuk memeratakan pembangunan dan meningkatkan aksesibilitas termasuk layanan akses terhadap air minum dan akses sanitasi menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan Pemerintah Pusat untuk mengupayakan kesehatan masyarakatnya.

Hal ini disampaikan Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, ketika meresmikan tangki septik skala individual dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Sanitasi Tahun 2021. Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita di Desa Beruas, Kecamatan Simpang Katis, Kamis, 3 Februari 2022.

“Kami (Pemkab Bateng) berkeinginan kuat serta mendukung masyarakat untuk hidup sehat dan bersih. Pembangunan WC dan tangki septik ini untuk kesehatan kita, keluarga, lingkungan dan generasi-generasi penerus kita kedepannya,” ucap Algafry.

Algafry juga menyebutkan bahwa dengan pembangunan WC dan tangki septik ini juga merupakan salah satu cara dalam mencegah stunting karena dengan sanitasi yang baik dan bersih akan mampu menunjang kesehatan ibu, bayi dan balita.

“Harapannya, apa yang sudah dibangun ini harus dijaga dan dipelihara supaya tetap awet. Jika ingin diubah atau diperbaiki, silahkan. Kedepan, pemerintah akan terus berupaya meningkatkan prasarana layanan sanitasi ini untuk kebermanfaatan masyarakat serta lingkungan,” tegasnya.

Selaras dengan hal ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Bangka Tengah (DPUTRP), Rahmat Wibowo, juga turut menghimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan akses sanitasi dengan baik serta memelihara bantuan yang telah diberikan.

“Silahkan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Mari lakukan pemeliharaan yang berkesinambungan sehingga kebermanfaatan fasilitas ini dapat dimanfaatkan hingga generasi selanjutnya,” ucap Rahmat.

Mewakili Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Amanah Desa Beruas, Saito, turut mengucapkan terima kasih atas bantuan WC serta tangki septik di Desa Beruas serta beberapa desa yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

“Kami akan terus berupaya menjaga bantuan yang telah diberikan karena ini sangat membantu kami dalam menjaga lingkungan serta keluarga,” ucap Saito.

Desa-desa yang mendapatkan bantuan WC serta tangki septik DAK Tahun 2021 sebanyak masing-masing 50 unit ini yakni Desa Beruas, Desa Guntung, Desa Tanjung Gunung, Desa Sungkap dan Desa Sungaiselan. Pembangunan WC serta tangki septik DAK Tahun 2021 ini menggunakan sistem swakelola masyarakat yang melibatkan masyarakat secara langsung dalam pembangunannya.

Pada akhir kegiatan Bupati Bangka Tengah juga berkesempatan menyerahkan bantuan sembako kepada warga Desa Beruas yang kurang mampu. Hadir juga Camat Simpang Katis, Camat Sungaiselan, Kepala Desa beruas, Kepala Desa Guntung, Kepala Desa Tanjung Gunung, Kepala Desa Sungkap, Kepala Desa Sungaiselan, Perwakilan Kelurahan Sungaiselan dan Kelompok Swadaya Masyarakat.

Penulis: Hendri Ahen

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button