LENSA NASIONALNEWS

Penandatanganan LOI antar Universiti Kebangsaan Malaysia Dengan Univesitas Di Bangka Belitung

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr. H. Yan Megawandi menyaksikan Penandatanganan Letter of Intent (LOI) antara Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dengan berbagai Universitas di Bangka Belitung.

Penandatanganan yang difasilitasi oleh University Network (UNINET) dalam Coordination Meeting yang merupakan rangkaian Kegiatan IMT-GT 2017 di Babel tersebut, berlangsung di Hotel Novotel Bangka, Senin (25/9/2017).

Dalam penandatanganan itu, dari Universiti Kebangsaan Malaysia langsung ditandatangani oleh Wakil Rektor Universitas ternama di Malaysia tersebut, Prof. DR. Norhamidi Muhamad, dengan Pimpinan/Ketua/Rektor Universitas di Bangka Belitung, yaitu Universitas Bangka Belitung, STAIN SAS Babel, STIE Pertiba Pangkalpinang, STIH Pertiba Pangkalpinang, STKIP Muhammadiyah Babel, serta Kepala Bapelitbanda Babel.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut Ketua UNINET IMT-GT, yang juga Rektor Universitas Syahkuala Aceh, Dr. Hizir Sofyan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, M. Soleh, Plt Kepala Bapelitbanda Babel yang juga Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemprov Babel, Dr Budiman Ginting, dan para Pimpinan Universitas di Babel.

Dalam Sambutannya, Sekda Babel, Yan Megawandi sangat berharap LOI ini membangun jembatan antara UKM dengan Universitas dan Pemprov Babel. Dengan LOI ini juga, Yan berharap, ada banyak terobosan yang disinergitaskan melalui kegiatan yang dikerjasamakan, terutama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Hal itu, katanya, sangat terbuka untuk kerjasama dengan UKM ini. “Pemda dalam hal ini berada di depan untuk menuntun, dan dibelakang untuk mendorong, seperti slogan “tut wuri handayani”, yang mana tujuan akhirnya adalah bagaimana membuat masyarakat kita, terutama Kalangan pendidikan lebih cepat maju dan berkembang seperti UKM yang hanya dengan kurun waktu 47 mendapat peringkat 16 di dunia,” ujarnya.

“Kita harus sering-sering bekerjasama seperti UKM, sehingga Universitas di Babel akan cepat naik kelas. Kedepan, kami minta dibuat lagi rencana konkret, sehingga di Januari nanti sudah ada hasil nyata untuk diimplementasikan di Babel,” harap Sekda.

Sementara itu, Ketua UNINET IMT-GT, yang juga Wakil Rektor Universitas Syahkuala Aceh, Dr. Hizir Sofyan dalam sambutannya mengatakan, progres UKM luar biasa.

“Dengan penandatangan LOI ini, kita yang mempunyai cita-cita setinggi langit, namun harus step by step. Yakinlah punya cita-cita keinginan kita untuk melakukan hal itu akan tercapai. Hal ini se-ide dan seirama dengan uninet IMT-GT, dimana tujuan University Network ini adalah untuk saling sharing informasi antar sesama Universitas di kawasan ini,” terangnya.

Wakil Rektor Universiti Kebangsaan Malaysia Prof. DR. Norhamidi Muhamad, dalam kesempatan sama menyampaikan, dalam penandatangan LOI tersebut, pihaknya sangat bersehati, berhasrat saling membantu.

“UKM sudah terjalin lama dengan Indonesia, di mana sejarah UKM yang pendiriannya di tahun 1970 dibantu oleh dosen-dosen dari Indonesia. Sekarang ini, peran UKM membalas budi Dosen Indonesia membantu melanjutkan pendidikan,” kata Norhamidi.

Ia juga menyambut baik dengan universitas yang ada di Indonesia yang ingin bekerjasama. UKM dikatakannya, mempunyai populasi pelajar Indonesia yang tinggi, dimana sekitar 30% adalah siswa Indonesia. “Kiranya kerjasama ini diteruskan dan ditingkatkan, untuk keuntungan bersama,” ungkapnya.

Apresiasi Ia berikan atas langkah kerjasama yang diprakarsai oleh Pemprov Babel. Hal ini sesuai dengan 6 Langkah strategi UKM yang diantaranya berkaitan dengan penelitian dan keterlibatan dengan masyarakat.

Rektor Universitas Bangka Belitung, Dr. Ir. Muhammad Yusuf. M.Si yang mewakili Universitas di Babel, pada tempat yang sama menjelaskan, LOI ini merupakan momen yang sangat penting, karena kedepan tuntutan menjawab tantangan dan persoalan mengenai pembangunan sangat besar.

Katanya, dibutuhkan peran penting Perguruan Tinggi untuk support pembangunan. Kedepan akan ada tindaklanjut.

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button