LENSA NASIONALNEWS

Masa Depan Indonesia Tergantung Para Gubernur

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Desentralisasi progresif dalam pelimpahan kewenangan pusat ke daerah, dalam undang – undang 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Membuat posisi Gubernur sebagai kepala daerah sangat berpengaruh, terhadap nasib Indonesia ke depan. Kekuasaan penyelenggara negara pada kepala daerah, membuat kepemimpinan Gubenur, Bupati dan Walikota sangat menenentukan.

Staf Ahli Kemendagri Suhajar Diantoro memaparkan hal ini Selasa (24/8) pagi, saat Rakornis Pilkada dan Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), di lantai III kantor Gubernur. “Masa depan Indonesia bergantung pada kepala daerah, siapa yang bisa memberikan kemudahan pelayanan dan memberikan hidup rakyat lebih bahagia,” ungkapnya.

Rektor IPDN priode 2013 – 2017 ini mengaku kepemimpinan kepala daerah, akan ditentukan pada tiga faktor dalam pemerintahan daerah. Dimana kepala daerah mampu mensinergikan peran eksekutif dan legislatif baik di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Kapasitan pemerintahan daerah ditambah partisipasi dan kontrol rakyat. “Progresif desentralisasi di Negara kita akan berdampak baik, jika cara – cara hidup baru diberikan oleh tiga kelompok ini,” sambung Suhajan.

Dirinya yang meninggalkan kursi rektor IPDN pada Juli 2015 lalu, sebagai staf ahli Mendagri tersebut. Juga mengingatkan peran partai politik pada era bangsa saat ini, harus berorientasi kepada kedaulatan rakyat. Baginya peran parpol dan legislatif harus mampu melahirkan pemerintahan yang sehat, bukan sebaliknya justru para wakil rakyat mengajak eksekutif berkolusi. “Tugas mereka mendorong birokrasi menjadi profesional dan mendidik rakyat menjadi cerdas,” terang mantan Sekda Provinsi Kepri ini.

Suhajar merasa perlu memaparkan hal tersebut, karena tanggal 15 Februari 2017 masyarakat Babel akan memilih Gubernur baru. Sehingga menurutnya, peran – peran strategis tersebut perlu menjadi catatan bagi roda birokrasi dan pemerintahan di Babel. Materinya dalam acara kemarin berjudul, Membangun Sinergitas Hubungan Pemda dan DPRD Babel Pada Era Otonomi Daerah.

Penulis : Farizandy

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button