LENSA NASIONALLENSA TINSNEWS

Kembalikan Masa Kejayaan PT Timah, Gubernur Optimis

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Setelah berumur 40 tahun PT Timah Tbk, menginginkan era kejayaan perusahaan tersebut kembali. Karena dalam sejarah perusahaan, yang melakukan penambangan dan pengekspor timah pernah berkontribusi memberikan devisa terbesar bagi negara. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi optimis, ditangan Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani hal itu bisa terealisasi.

Ini disampaikan Gubernur, ketika usai menghadiri kegiatan acara Jalan Sehat 40 Tahun PT Timah Tbk. Karena dirinya menilai, Dirut bersama para direksi baru PT Timah Tbk lainnya lebih terbuka dalam berkomunikasi. “Saya punya keyakinan dengan kepemimpinan pak Riza, karena beliau lebih pro aktif mengakomodir kepentingan masyarakat. Sehingga kalau kita memberi masukan mendengarkan untuk mengakomodir,” jawab Rustan

Sebagai Gubernur, dirinya menginginkan PT Timah Tbk dapat mengoptimalkan sisa – sisa deposit biji timahnya. Hal ini juga sudah dia sampaikan kepada Riza sebagai Dirut PT Timah, agar setelah memaksimalkan produksi perusahaan ini dapat memberikan kontribusi lebih banyak lagi bagi masyarakat Babel. “Karena dalam proses baik itu pada sisi perniagaan maupun penambangan akan mempengaruhi peningkatan ekonomi masyarakat. Maka dengan sendirinya akan mempercepat proses pembangunan daerah kita ini,” tambah Gubernur.

Sedangkan Dirut PT Timah Tbk, kepada wartawan mengatakan bila perusahaan ‘plat merah’ dapat meningkatkan keuntungan. Selain akan memberikan peningkatan pendapatan kepada karyawan, juga akan banyak berkontribusi bagi peningkatan perekonomian masyarakat. “Caranya dengan meningkatkan produksi semaksimal mungkin,” sambung Riza

Dia pun mengakui dalam pelaksaan operasi di daerah produksi, tidak berjalan dengan mulus. Hanya saja dia meyakini, diera kepemimpinannya bersama para direksi lainnya akan mampu melakukan koordinasi yang baik, sehingga meminimalisir kendala – kendala di daerah operasi tadi. “Kita akan maksimal meningkatkan perekonomian masyarakat kalau perkembangan perusahaan juga bakk dalam memaksimalkan produksi,” harap Riza.

Walau pun, selama 40 tahun perjalanan PT Timah Tbk di Babel telah banyak memberikan kontribusi namun masyarakat menilai mereka belum maksimal memberikan yang terbaik dalam mendukung kemajuan Provinsi kepulauan ini. Menurut Riza memang perlu dijelaskan kepada masyarakat, kalau PT Timah Tbk sebagai perusahaan milik negara tidak akan meninggalkan masyarakat dalan proses penambangan.

“Kita sebagai perusahaan yang menjalankan tata kelola penambangan yang baik, akan selalu melakukan reklamasi dan menjalankan kewajiban perusahan. Bahkan selain reklamasi di akhir penambangan, kita juga menyiapkan perusahan agro untuk mendoro peningkatan ekonomi masyarakat,” papar Dirut.

Sehingga dirinya berharap, masyarakat dapat mendukung proses produksi PT Timah Tbk memaksimalkan produksi mineral logam timahnya. Karena PT Timah Tbk tidak hanya melakukan penambangan, namun melakukan pengembalian lahan bekas tambang. “Setelah menambang kita mengembalikan lahan kembali seperti semula, makanya kita ingin meyakinkan masyarakat bahwa kita akan mengembalikan lahan agar dapat dimanfaatkan kembali untuk kepentingan masyarakat,” ungkapnya.

Penulis : Farizandy

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close