LENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

DAU Babel 2016 Berkurang 131,2 Miliar

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dalam peraturan menteri keuangan (PMK) nomor 125 yang dikeluarkan pada bulan juli lalu, tentang penundaan penyaluran sebagian Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2016. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) seharusnya menerima DAU Rp 75 miliar tiap bulannya, pada tahun ini. Namun akibat PMK tadi, maka total DAU pada tahun ini harus berkurang Rp 131, 3 miliar karena tiap bulanya berkurang Rp 32,8 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Babel Yan Megawandi mengatakan, pengurangan DAU tadi tidak akan mempengaruhi keuangan daerah. Karena daerah dan besaran DAU yang akan dikurangi, ditentukan berdasarkan perkiraan kapasitas fiskal, kebutuhan belanja dan posisi saldo kas di daerah. Dengan tiga kategori sangat tinggi, cukup tinggi dan sedang, total penundaan DAU dari 169 daerah Kabupaten/Kota maupun Provinsi adalah Rp 19,42 triliun. “Kalau gaji kita tidak sampai puluhan miliar, jadi tidak mungkin mengurangi gaji pegawai,” jawabnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Babel Yulizar Adnan ditemui wartawan ditempat terpisah. Mengungkapkan hal yang sama, menurutnya akibat PMK nomo 125 tadi, setiap bulannya terjadi pengurangan Rp 32,8 miliar dari sekitar Rp 75 miliar DAU yang seharusnga diterima Babel. “Kapasitas kemampuan belanja tidak belum banyak terpakai dan saldo kas masih banyak sisa dan kebutuhan gaji pegawai kita gak sampai puluhan miliar,” paparnya.

Yulizar memastikan penundaan DAU untuk Babel tadi tidak akan mengakibatkan penyaluran belanja daerah terganggu, karena kekurangan DAU Babel tahun ini akan dimasukan pada tahun berikutnya. “Tidak ada yang kurang salur, kalau pun terjadi maka diperhitungkan kurang bayar pada tahun berikutnya,” tambahnya.

Penulis : Farizandy

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button