LENSA KRIMINALLENSA NASIONALNEWS

Penipuan! FB Pejabat Minta Transfer

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Akun facebook (FB) pejabat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) harus diwaspadai, bila meminta transfer sejumlah uang atau pulsa. Karena beberapa pengguna FB di Kota Pangkalpinang dan Belitung menjadi korban, penipuan dengan menggunakan FB. Beruntung semua korban langsung mengkonfirmasi via handpone (HP) pemilik akun, sehingga pelaku tidak berhasil melancarkan aksinya.

Pimpinan DPRD Babel Amri Cahyadi, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadisbudparpora) Kota Pangkalpinang Akhmad Elvian, CEO El John Indonesia Johnnie Sugiarto dan Komisari PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S) Arkaa Ahmad Agin. Itulah nama – nama akun FB yang berhasil termonitor oleh lensabangkabelitung.commeminta bantuan sejumlah uang dan pulsa. Akun FB Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Babel, Bambang Patijaya Sabtu (21/5) lalu juga dipalsukan pelaku kejahatan.

Akun FB Ardi Nursanto, karyawan bagian umum pada proyek pembangunan hotel Santika Belitung nyaris menjadi korban. Baru kemarin (17/6) Johnnie Sugiarto meminta transfer Rp 4 juta kepada dirinya, akun pribadi CEO El John Indonesia ini dia yakini penipuan. Karena sebelumnya, dihari yang sama akun palsu milik Bambang Patijaya terditeksi, Sabtu (21/6) Amri Cahyadi meminta pulsa kepada dirinya. “Ketika saya komfirmasi ke pak Amri ternyata tidak benar dan nomor handpone yang minta diisikan pulsa bukan nomor beliau,” cerita Ardi.

Hanya saja pelaku tampaknya sangat berhati – hati, sehingga modusnya tidak diketahui. Ketika Ardi diminta untuk mengecek pesan via FB, ternyata pesan yang berhubungan dengan pelaku meminta pulsa telah dihapus. Itulah yang menjadi alasan Ardi tidak melapor ke polisi, karena dirinya tidak memiliki bukti. “Iya mas, tadi saya cek sudah gak ada kata – kata minta transfernya,” jawab pria yang tinggal di Pangkalpinang ini.

Wartawan lensabangkabelitung.com berhasil mengabadikan pesan FB pelaku, ketika menyamar menjadi Komisaris PT B3S. Sayang foto dari screenshoots tadi, belum memuat pesan ketika bertanya apakah targetnya memiliki sms atau mobile banking. Arkaa kepada wartawan bersedia informasi ini dipublikasi, karena menurutnya makin banyak orang tahu akan modus penipuan ini akan makin baik. “Oke Daniel, bbm dan fb abang dibajak orang, Sampaikan dengan kawan – kawan,” pinta Arkaa.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Pangkalpinang Fahrizan, juga menjadi target pelaku penipuan via FB ini. Jumat (3/6) lalu FB pribadi Kadisbudparpora Kota ini mengirim pesan agar diisikan pulsa, alasan pelaku karena dirinya sedang rapat. Ketika nomor HP yang minta diisikan pulsa berbeda dengan nomor milik Elvian, dia pun langsung mengkonfirmasi Elvian. “Ternyata benar, bukan pak Elvian. Selang saya menelpon pak Elvian pesan FB dari bos parai masuk juga meminta kirim pulsa. Tapi sayang pesannya hilang jadi tidak ada bukti,” ceritanya ketika dihubungi.

Berbeda dengan cerita korban diatas, akun FB Bambang Patijaya coba palsukan. Aksi pelaku dengan cara memberi nama dan foto profil yang sekilas sama, aksi pelaku langsung dilaporkan Bambang pada pihak keamanan FB. Berdasarkan cerita Ketua Umum Gema Budhis ini akun dirinya pun sempat dilaporkan sebagai akun palsu, beruntung pihak FB mengetahui kalau dirinya pemilik akun asli.

“PERHATIAN!!! AWAS ADA AKUN PALSU YG MENYAMAR JADI SAYA

Agar diperhatikan kawan2 FB sy, baru saja terdeteksi ad akun FB yg berpura2 sebagai “Bambang Patijaya”. Akun palsu FB ini menggunakan nama saya dan foto saya, agar semua kawan2 berhati2 dan waspada untuk tidak menerima permintaan pertemanan dari akun abal2 ini, dan segera melaporkan ke FB,” Bambang di dinding FB Sabtu (21/6/2016) lalu.

(dnl)(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button