LENSA NASIONALLENSA TINSNEWS

Menteri ATR Serahkan 200 Sertifikat Tanah di Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sore (28/6) tadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Ferry Mursyidan Baldan, datangi Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kedatangan Menteri ATR selain kunjungan kerjanya, juga akan menyahkan secara simbolis kepada 200 masyarakat pemilik sertifikat. 200 perwakilan masyarakat tadi, berasal dari 8.809 bidang sertifikat yang telah dikeluarkan ATR/BPN semester I tahun 2016.

Kepala Wilayah ATR/BPN Babel Yusuf Purnama dalam sambutannya mengatakan, kegiatan hari ini juga bagian dari program legalisasi aset di Babel. Dari jumlah 8.800 lebih tanah yang disertifikat, 200 sertifikat akan langsung diberikan hari ini yang 3 sertifikat atas nama Provinsi Provinsi (Pemprov) Babel, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan Polda Babel. “Ini merupakan upaya merealisasikan program legalisasi aset,” ujarnya.

Menteri juga memberikan langsung penghargaan kepada Bupati Bangka Barat dan Bangka Tengah, karena telah mendukung program legalisasi aset karena menghilangkan biaya BPHTB sehingga meringankan masyarakat. Ditambahkan Yusuf dirinya juga mengajak Menteri untuk besok (29/6) mengunjungi Program Layanan Desa Online di Bangka Tengah yang sudah berjalan satu tahun. Juga terdapat inovasi dari BPN Kota Pangkalpinang, terkait program mengantar langsung pelayanan sertifikasi tanah langsung ke masyarakat yang memiliki keterbatasan.

Menteri dalam sambutan, mengingatkan kepada masyarakat dan juga Pemprov agar segera melegalitas aset mereka. Begitu juga soal sertifikat bagi usaha kecil mikro (UKM) dan hak guna bangunan (HGB) untuk Pedagang Kaki Lima (PKL), untuk memberikan kelastian hukum berusaha. “HGB PKL tanah ini luasnya 6 x 6 meter selama 3 tahun seperti kita lakuka disemarang, begitu juga untuk sertifikat UKM itu bisa menjadi jaminan modal di lembaga keuangan formal. Tanah ini harus kita wujutkan menjadi ruang hidul yang menenteramkan dan mensejahterahkan,” paparnya.

Sedangkan Gubernur Babel Rustam Effendi setelah menyampaikan sambutan, mengingatkan soal ikut andilnya Ferry Mursyidan Baldan dalam merealisasikan terbentuk Provinsi ke 32 di Indonesia. Saat itu memang Menteri masih menjadi anggota DPR RI, pola memudahkan selama itu kepentingan masyarakat juga dilakukan Menteri saat memimpin Kementeri ATR/BPN. “Tanah memiliki potensi menjadi persoalan, karena penduduk bertambah sedang luas tanah tidak pernah bertambah,” ujarnya dalam sambutan.

Penulis : Farizandy

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button