LENSA NASIONAL

Pilgub Babel, Fraksi ‘Pelangi’ Beda Arah Dukungan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dua fraksi di legislatif Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), selain fraksi PKS plus Bulan Bintang berisi multi partai. Fraksi yang terbagi dua sesuai jumlah kursi tadi adalah Amanat Demokrat dengan komposisi tiga kursi dan tiga partai dengan masing – masing dua kursi yakni PKB, Hanura dan Nasional Demokrat (Nasdem). Diperkirakan partai – partai ini tidak akan membangun koalisi permanen di ‘parlemen’ Babel.

Nasdem misalnya, arah dukungan hampir dipastikan tidak sama dengan Hanura dan PKB walau pun satu fraksi. Begitu juga PKS dan PBB, apabila Yusron Ihza benar – benar turun ‘gelanggang’ di pemilihan gubernur (Pilgub) Babel nanti pun akan berpisah. “Dengan elektabiltas yang tertinggi saat ini, tentu banyak parpol mengharap pak Yusron maju lewat kendaraan partai yang mempunyai kursi di parlemen. Jadi sebenarnya tidak seberat yang kita bayangkan,” papar Ketua DPW PBB Babel, Syaifulah Asnan.

Akan tetapi partai dengan kursi dibawah lima tadi, memastikan akan menjadi pengusung dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Babel, bukan diporsi mendukung. Partai Amanah Nasional (PAN), bahkan masih berupaya mendorong kader mereka untuk dipinang bakal calon Gubernur yang mereka dukung nantinya. “Kalau memungkinkan kita ingin porsi wakilnya kader kita,” kata Sekretaris PAN Babel, Harrie Aryanto.

Hanya saja, mereka di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) tidak langsung memasang balon pasangan kepala daerah yang akan diusung. Hanya saja, proses verifikasi kelengkapan kandidat untuk diusulkan ke Ketua Umum lebih terinci dan teknis. Sehingga setelah akhir bulan menutup pendaftaran, PAN Babel masih melakukan komunikasi ke kandidat untuk posisi tawar dan kelengkapan dokumen agar bisa mengusung. “Kalau wakilnya, yang lebih etis calon Gubernur lah menentukan jangan kita di partai,” tambah anggota DPRD Kota ini.

Tidak jauh berbeda, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) pun, memastikan akan mengusung kandidat bersama koalisi partai pengusung nanti. Nama kandidat balon Gubernur Hidayat Arsani dan balon wakil Syamsirwan, anggota Dewan Provinsi dari Hanura. Mereka baru akan mengajukan nama kandidat Minggu ini, ke pengurus pusat untuk ditetapkan. “Untuk koalisi partai, karena yang memutuskan DPP kita yakin komunikasi juga dilakukan DPP sehingga sudah tahu arah koalisinya,” sambung, Ketua Hanura Babel, Alexander Fransiscus.

Mengenai nama balon wakil dari internal yang hanya satu orang, mengindikasikan Hanura ingin posisi tawar Syamsirwan sebagai wakil Hidayat Arsani tidak dibenarkan Alex. Karena menurutnya, dengan porsi dua kursi Hanura tidak mau posisi tawar kadernya akan menghambat koalisi. Sekaligus memperlihatkan politik merebut kekuasaan, bisa mengambil porsi lain untuk memperbaiki Babel. “Memang kita prioritaskan kader internal yang mau maju, tapi kan ada kriterianya. Saya saja kalau ditawari maju tidak berkenan, kursi kita kan gak cukup jadi harus koalisi dulu,” jelas Alex.

(dnl)(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button