LENSA NASIONALNEWS

Tim kerja Depati Amir diterima baik Gubernur

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Gubernur Bangka Belitung (Babel) menerima kunjungan Team kerja Depati Amir menjadi Pahlawan Nasional di Hotel Novotel hari Selasa (19/4/2016). Kunjungan perwakilan Team kerja sebelas dan team tiga belas dalam rangka melaksanakan hasil diskusi terbuka yang berlangsung selama dua kali yaitu di Hotel Babelionia dan di Semabung sebagai bentuk konsistensi para tokoh masyakat dan masyarakat Bangka Belitung sendiri yang sangat menantikan terwujudnya Depati Amir menjadi pahlawan nasional.

Perwakilan dari team kerja sebelas yaitu Bionda Johan Anggara, Doni Fahrum, Nico Alpiandy dan Ridho Rizaldy memberikan nama-nama dari team kerja sebelas dan team tiga belas kepada Gubernur Bangka Belitung untuk segera mungkin diterbitkan SK team tiga belas yang nantinya bertugas melakukan pengkajian usulan pahlawan nasional dari Bangka Belitung. Setelah Team Tiga Belas mendapatkan SK-nya langkah awal adalah melakukan berbagai kajian terhadap beberapa tokoh pejuang dari Propinsi Bangka Belitung seperti Depati Amir dan H.A.S Hananjoedin.

Perjuangan Depati Amir menjadi pahlawan Nasional untuk ketiga kali ini diharapkan menjadi peristiwa bersejarah sebagai bentuk penghormatan masyarakat Bangka Belitung terhadap Depati Amir karena sebelumnya perjuangan sudah dilakukan dua kali Upaya pengajuan Depati Amir menjadi Pahlawan Nasional.

Pemprov Babel sudah pernah mengajukan nama tokoh yang diabadikan sebagai nama bandara itu, untuk menjadi pahlawan nasional yang pertama di tahun 2004 kemudian disusul tahun 2007 lalu tetapi belum direstui pemerintah pusat dan mendapatkan kendala mulai dari dokumen dan literatur perjuangan Depati Amir, silsilah dan lokasi makam Depati Amir di Kupang, NTT perlu diluruskan. Pemerintah Bangka Belitung perlu secara teliti menelusuri kembali pohon keturunan dari almarhum Depati Amir dan Hamzah Bahrin di Kota Kupang.

“Saya menyambut baik, saya pikir ini adalah rencana yang baik untuk memperjuangkan Depati Amir menjadi pahlawan nasional. Bagaimanapun kita harus memperjuangkan ini secara bersama-sama,” Ujar Gubernur Babel Rustam Effendi.
Perwakilan team tigabelas, Johan Murod, mengatakan perjuangan ini sebagai bentuk penghargaan masyarakat Bangka Belitung terhadap jasa-jasa pahlawan yang di harapkan perjuangannya dapat memberikan inspirasi untuk menuju propinsi Bangka Belitung yang gemilang.

“Ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk memperjuangkan Depati Amir menjadi pahlawan nasional dikarenakan sudah lima belas tahun lebih semenjak di bentuknya Propinsi Kepulauan Bangka Belitung tetapi sampai sekarang belum terwujudnya Depati Amir menjadi pahlawan nasional dan ini adalah mimpi setiap masyarakat Bangka Belitung yang belum terwujud,” Ujar tokoh Perjuangan Propinsi Bangka Belitung Johan Murod.

“Saya sangat optimis setelah adanya dukungan dari Gubernur Babel apalagi team kerja sebelas di huni oleh sekelompok anak muda dari berbagai profesi yang sudah beberapa hari ini mereka secara militant untuk memperjuangkan Depati Amir menjadi pahlawan Nasional,” Tegasnya.

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button