LENSA NASIONALNEWS

Generasi Muda Sebagai Pemilih Rasional

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), memiliki agenda Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017. Mahasiswa dan pelajar seharusnya menjadi pemilih cerdas, karena memilih pasangan calon bukan karena faktor kedekatan. Hanya saja generasi muda Babel, nyaris tidak ada yang menjadi pemilih rasional. Ini disampaikan Asisten I Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, Amrullah Harun kemarin (28/4) di hotel Mitra. 

Saat itu Amrullah, menjadi narasumber, seminar dengan tema “Penyelenggaraan Kebangsaan Berbasis Kepulauan” yang dilaksanakan oleh GP Ansor. “Banyak pemilih seperti peserta seminar yang mahasiswa dan pelajar masih menjadi pemilih emosional. Seharusnya generasi muda adalah pemilih rasional, yang memilih bukan karena kedekatan tapi melihat visi misi calon,” papar Amrullah.

Dia memaparkan terkait pemilih rasional, karena memang peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan organisasi kepemudaan (OKP) sudah mengarah pertanyaan terkait kepemimpinan serta pilgub 2017 nanti. “Karena saya terus hadir saat calon memaparkan visi misi, tapi saya lihat mahasiswa dan pemiliha pemula jarang hadir. Padahal itu terbuka untuk umum, kalau pemilih rasional seharusnya tahu visi misi calon yang memang layak dipilih,” sambung Amrullah yang mewakili Gubernur Babel, Rustam Effendi.

Narasumber lainnya, Wakil Ketua DPRD Belitung, Isyak Meirobi juga menyinggung soal perilaku pemilih cerdas. Karena kepemimpinan dan jejak rekam para calon di Pilgub nanti dapat diukur secara ilmiah. Makanya dia pun mengingatkan terkait isu primordial yang kerab dimainkan pada pemilihan umum (pemilu) dan pemilu kepala daerah (pilkada) seharusnyan tidak lagi menarik. “Pemimpin itu tidak berideologi cukongisme, dia punya identitas diri dan berdikari,” singgungnya.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota, Penti Pedon sebagai peserta seminar, memperkuat pentingnya bagi kemajuan daerah ketika menjadi pemilih rasional. Karena dalam memilih Gubernur nanti, selain calon tadi memiliki wawasan pengetahuan yang luas. Calon Gubernur pun, harus cekatan dalam mengambil keputusan dan cepat merespon permasalahan di masyarakat. “Speed harus tinggi untuk mengejar ketertingalannya,” sambungnya. 

(Dnl)(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button