NEWS

Pemkab Bateng Bersiap Menuju Verifikasi Kabupaten Sehat

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Persiapan Verifikasi Kabupaten Sehat dengan target Swasti Saba Wiwerda Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengadakan Rapat Koordinasi di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Bangka Tengah pada Kamis, 9 Maret 2023.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan ini merupakan tugas kita bersama sebagai pelayan masyarakat, agar mendapat perhatian dan penilaian dari pihak-pihak tertentu.

Ia menilai sebuah Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dapat ditentukan oleh proses, bukan hanya hasil.

“KKS bukanlah Kabupaten/Kota yang telah mencapai status kesehatan tertentu, jadi ruang lingkupnya luas tidak hanya sektor kesehatan semata dan untuk itu dibutuhkan komitmen terhadap kesehatan dan proses serta terstruktur untuk mencapainya,” jelas Algafry.

Ia menyampaikan ada 6 strategi dalam mewujudkan KKS, yakni penguatan komitmen, peningkatan partisipasi masyarakat, peningkatan jejaring dan kemitraan.

“Kemudian peningkatan akses dan kesetaraan dalam pelayanan dasar, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan pembudayaan gerakan masyarakat hidup sehat,” ujarnya.

Kata dia, ada 9 instrumen penilaian KKS 2023 dan untuk wiwerda setiap tatanan harus memenuhi capaian di atas 81 persen.

“Untuk menuju Swasti Saba Wiwerba problem utama posisi ODF (Open Defecation Free) di Bangka Tengah sekarang diangka 80,95 persen,” bebernya..

Ia juga mengajak untuk saling berkolaborasi untuk Bangka Tengah meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swastisaba Wiwerda pada Tahun 2023.

“Kita optimis dan semoga penilaian kinerja Kabupaten Sehat semakin meningkat dan saya yakin jika kita fokus pasti akan tercapai,” ujarnya.

Hendri

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button