LENSA NASIONALNEWS

Rustam Akui Bateng Lebih Siap Menyambut GMT

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Gubernur Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi mengakui persiapan menyambut Gerhana Matahari Total (GMT) yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah lebih baik dibandingkan dengan kabupaten lain.

Rustam menilai ketiga Kabupaten yang akan dilintasi GMT yakni Belitung Timur, Belitung, dan Bangka Tengah telah melakukan persiapan maksimal dari rangkaian acara maupun sarana dan prasarana dalam menyambut fenomena alam langka.

“Saya juga tidak memungkiri di Bateng lebih siap untuk menyambut GMT, dan melalui rapat di kementrian 3 kabupaten bersama walikota pangkalpinang memaparkan persiapan GMT di masing-masing daerah,” Ujar Rustam saat ditemui lensababel.com di Mapolda Babel pada Selasa (1/3).

Rustam mengapresiasi langkah Pemda Bateng yang bergerak cepat untuk mempersiapkan GMT guna mendulang minat wisatawan untuk menyaksikan GMT di Babel.

“Persiapan itu relatif ya dari sisi mana kita melihatnya, saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bateng terhadap kesiapan ini,”.

Rustam menyebutkan persiapan-persiapan yang telah dilalakukan kabupaten ini tidak hanya berfokus pada GMT saja, namun juga sebagai ajang untuk mempromosikan pariwisata Babel bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Disinggung terkait kedatangan Presiden RI ke Belitung untuk menyaksikan GMT, Rustam menyebutkan pilihan untuk ke Belitung merupakan keputusan dari kementrian. Selain itu RI 1 diagendakan akan
memantau kawasan ekonomi pariwisata yang akan dipusatkan di Tanjung Klayang.
“Kedatangan RI 1 ke Belitung kan sudah melalui paparan dikemetrian bersama 3 kabupaten, dan orang kementrian yang memutuskan untuk ke belitung, mungkin titik total matahari di belitung lebih besar durasinya 2 detik lebih lama di belitung, tapi untuk item nya sama,” paparnya.

Rustam menyebutkan pihaknya intens berkomunikasi dengan kementrian terkait persiapan GMT. Oleh karena itu ia berharap momentum GMT ini juga akan dimanfaatkan masyarakat untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya dan pariwisata Babel yang nantinya juga akan berpengaruh pada percepatan pertumbuhan ekonomi.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close