LENSA NASIONALNEWS

Pemkab Bateng Ajak Anak Berkebutuhan Khusus Saksikan GMT

Lensa Bangka Belitung, Koba – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) memfasilitasi anak-anak berkebutuhan khusus seluruh Indonesia untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) di Pantai Terentang pada Rabu 9 Maret mendatang.

Anak-anak berkebutuhan khusus yang didatangkan dari 34 Provinsi ini tidak hanya hadir untuk menyaksikan GMT melainkan juga untuk mengikuti festival dan lomba literasi PKLK 2016 dengan berbagai macam bidang.

Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan menyebutkan pihaknya menyambut baik kehadiran anak-anak berkebutuhan khusus ini untuk memeriahkan GMT di Negeri Selawang Segantang tersebut, bahkan pihaknya telah menyediakan jamuan khusus bagi anak-anak tersebut.

“Waktu itu kan di buka siapa yang mau jadi tuan rumah, karena ini kan program kementrian, kebetulan momentum GMT sekalian kita kenalkan dan ajak mereka untuk menyaksikan fenomena langka tersebut, ujarnya saat dihubungi lensababel.com.

Erzaldi menyebutkan bahwa pada acara puncak GMT nanti akan disediakan waktu khusus untuk mengumumkan pemenang dari perlombaan yang dilakukan anak-anak berkebutuhan khsusus tersebut. Menurutnya beberapa hasil terbaik akan dipamerkan.

“Nanti kalau tidak ada perubahan, pengumuman lomba pemenang ini akan kita letakkan di acara puncak, dan rencanya mentri pendidikan, Anis Baswedan akan datang untuk memantau program ini sekaligus menyaksikan GMT di Terentang,” sebutnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, M. Soleh menyebutkan Babel menjadi tuan rumah perdana untuk program kementrian literasi anak-anak berkebutuhan khusus tersebut. Soleh mengatakan anak-anak yang berpotensi ini sudah tiba di Babel sejak Minggu (6/3) yang kegiatan literasinya dipusatkan di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

“Kira-kira ada 200 lebih anak dari seluruh provinsi di Indonesia, mereka sudah memulai kegiatannya sejak hari ini di LPMP, menariknya ada sebagian yang diinapkan di LPMP ada juga yang di home stay seperti program anak asuh untuk yang dihomestay,” terang Soleh saat ditemui lensababel.com pada Senin (7/3).

Soleh menambahkan anak-anak berkebutuhan khusus tersebut akan menghadiri event GMT di Terentang, namun saat ini mereka sedang difokuskan untuk mengikuti literasi berbagai perlombaan. “Iya nanti mereka hadir di GMT, sekarang ini mereka di LPMP karena ada banyak perlombaannya seperti mendongeng, sinopsis, menulis dan lainnya,” sebutnya.

Disinggung persiapan yang dilakukan untuk menyambut kehadiran mentri pendidikan, Soleh menyebutkan pihaknya belum dapat memastikan kehadiran mentri pendidikan. Menurutnya hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan konfirmasi. “Kita belum ada persiapan khusus, karena kita juga belum tau pasti hadir atau tidaknya pak Anis,” pungkasnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button