LENSA NASIONALNEWS

Event nasional GMT, Bateng sudah siap 75 persen

Lensa Bangka Belitung, Koba – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) gencar melakukan persiapan menyambut Gerhana Matahari Total pada 9 Maret mendatang. Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan beserta SKPD dan pelaku wisata kembali meninjau lokasi utama pengematan GMT di Pantai Terentang, Kecamatan Koba pada Jum’at (3/3).

Dalam tinjauan tersebut, Erzaldi menyebutkan kesiapan Pemda Bateng sudah mencapai 75 persen baik dari segi rangkaian acara maupun sarana dan prasarana. Namun pihaknya hingga saat ini terus melakukan pembenahan guna mematangkan event yang akan diresmikan pada tanggal 6 mendatang.

“Kita pantau terus, sekarang sudah 75 persen tapi akan kita optimalkan lagi secepatnya untuk persiapan agar 100 persen, kita tinjau ini untuk melihat apa yang kita persiapkan ini sudah sesuai dengan yang kita inginkan,” ujar Erzaldi di sela-sela pantauannya di Pantai Terentang.

Berdasarkan hasil pantauannya, Erzaldi meminta percepatan pembangunan toilet umum dan penataan lokasi pengamatan GMT dan pembagian lokasi-lokasi sesuai peruntukkannya. Erzaldi menyakini bahwa Bateng akan memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan dari luar maupun dalam negeri untuk menyaksikan GMT di Pantai Terentang.

“Kita minta sampah-sampah yang masih menggenang di beberapa titik untuk segera dibersihkan, pohon-pohon dirapikan lagi, dan yang paling fatal itu penyelesaian toilet umum harus semakin dipercepat karena masih dua hari lagi, initinya kita matangkan semua hari ini,” tegasnya.

Ia menyebutkan hadirnya penggiat wisata dalam tinjauan ini bertujuan untuk mengetahui lokasi-lokasi yang telah disiapkan pemda. Karena menurutnya pada tanggal 9 kawasan Pantai Terentang sepanjang 4,5 KM akan steril dari kendaraan.

“Ini banyak yang hadir, mereka ini biar tau tempat-tempatnya dimana, dimana stand, dimana lokasi pameran, dimana sholat gerhana, jadi nanti pas puncaknya mereka tidak kebingungan lagi, bahkan kita sudah siapkan untuk tamu VVIP,” sebut Erzaldi.

Erzaldi berharap momentum GMT ini juga akan mendulang wisatawan yang nantinya akan berdampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Bangka Tengah. Oleh karena itu ia mengharapkan dukungan dari berbagai pihak guna mempromosikan potensi wisata Bateng melalui event ini.

“Ini salah satu cara kita untuk membangkitkan wisata yang ada di Bateng, dan kita juga menginginkan masyarakat untuk memanfaatkan peluang ini untuk membangkitkan ekonomi masyarakat oleh karena itu kita perlu bahu-membahu untuk menyiapkannya,” pungkasnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button