LENSA NASIONALNEWS

Disbudpar Gelar Event Wisata Guna Tingkatkan Kunjungan wisatawan

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Disbudpar Provinsi Bangka Belitung gencar melakukan promosi objek wisata guna mendulang wisatawan mancanegara maupun domestik untuk berkunjung ke negeri Laskar Pelangi tersebut dengan mengadakan event-event kebudayaan yang bertaraf  nasional hingga internasional.

Kepala Disbudpar Babel, KA Tajjudin menyebutkan tahun 2016 akan ada banyak event kebudayaan seperti   Sungailiat Triathlon yang akan dimulai pada April mendatang. Sungailiat Triathlon akan disenggelarakan oleh disbudpar kabupaten Bangka guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke negeri serumpun sebalai tersebut.

“Bulan April nanti kita ada event Sungailiat Triathlone yang akan diselenggarakan disbudpar Bangka, dan event ini secara lisan telah didukung oleh mentri pariwisata, Arif Yahya terutama untuk promosi dan publikasinya  saat menghadiri event GMT lalu,” ujar Tajjudin saat dihubungi lensababel.com.

 

Menurut Tajjudin dirinya sudah meminta Gubernur Babel, Rustam Effendi untuk melayangkan surat kepada Menpar agar diagendakan agar event Sungailiat Triathlone dapat dilaunching oleh Menpar pada Bulan Maret. “Sesuai arahan pak mentri saya sudah minta pak Gub untuk berkirim surat ke menpar agar event ini bisa dilaunching di menpar dan jika memungkinkan agar dapat dilakukan press conference yang difasilitasi oleh Kemenpar,” sebut Tajjudin.

Tajjudin menyebutkan guna mendulang wisatawan pihaknya juga telah merencanakan festival Serumpun Sebalai yang dilangsungkan pada Juni mendatang. Event yang sudah menjadi agenda rutin tahunan ini akan diperluas cakupannya penyelenggaraannya menjadi tingkat nasional dan mengundang atraksi seni dan budaya dari negara asing sebagai peserta exhibisi.

“Untuk event tahunan Disbudpar Provinsi kita akan adakan festival Serumpun Sebalai 2016 yang akan berbeda dari tahun sebelumnya, terutama untuk tahun ini kita cakupannya lebih luas yakni nasional dan internasional,” ujarnya.

 

Sementra itu Tajjudin menyebutkan pihaknya telah mulai mempublikasikan event-event tersebut dan telah mendapatkan persetujuan dari beberapa provinsi yang menyatakan kesiapannya untuk mengikuti festival serumpun sebalai 2016 dan sedang menjajaki untuk keterlibatan dari berbagai negara asing.

Festival Serumpun Sebalai 2016 akan dilaksanakan dalam dua tahapan yakni tahap seleksi antara kabupaten/kota dan yang kedua tahapan nasional. “Ini kan ada dua tahapan pertama seleksi kabupaten/kota kemudian dilanjutkan dengan penyelanggaraan tingkat nasional. Dengan adanya event ini tentunya akan banyak sekali  mendatangkan peserta yang sekaligus mereka ini akan menjadi wisatawan domestik ke daerah kita,” Ujarnya.

Tajjudin berharap Selain dua event besar tersebut, disbudpar provinsi mendorong setiap kabupaten/kota di Babel untuk menetapkan paling tidak satu event unggulan yang berskala nasional dan internasional dan difasilitasi oleh kementrian pariwisata.

Penulis : Krisyanidayati

 

(alp)

 

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button